Selangkah Lagi, Thomas Tuchel Lampaui Rekor Sepanjang Masa Chelsea

Kompas.com - 14/03/2021, 09:40 WIB
Timo Werner dan Thomas Tuchel dalam pertandingan Tottenham Hotspurs vs Chelsea, 4 Februari 2021. AFP/NURPHOTO/ACTION FOTO SPORTTimo Werner dan Thomas Tuchel dalam pertandingan Tottenham Hotspurs vs Chelsea, 4 Februari 2021.

KOMPAS.com - Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, memperoleh dua catatan positif selepas timnya bermain imbang 0-0 dengan Leeds United dalam lanjutan kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League 2020-2021, pada Sabtu (13/3/2021) malam WIB.

Thomas Tuchel kini mencatatkan pencapaian setara dalam hal jumlah laga tak terkalahkan serta catatan kemasukan paling sedikit, dengan dua mantan pelatih Chelsea lain.

Seperti dilansir dari BBC, skuad arahan Thomas Tuchel kini belum terkalahkan dalam 12 pertandingan di berbagai ajang sejak akhir Januari lalu.

Rentetan laga tersebut merupakan yang terpanjang bagi seorang pelatih Chelsea sejak debutnya, prestasi yang kali terakhir diukir oeh Luiz Felipe Scolari pada Agustus hingga Oktober 2008 lalu.

Artinya, Tuchel kini hanya butuh menghindari kekalahan dari Atletico Madrid di leg kedua 16 besar Liga Champions 2020-2021, Rabu (17/3/2021) nanti, untuk mengusangkan rekor sepanjang masa Chelsea milik Luiz Felipe Scolari.

Adapun, terkait catatan kebobolan Chelsea di ajang Premier League, Thomas Tuchel mengulangi capaian Jose Mourinho ketika menjabat pada musim 2004-2005.

Ketika itu, tim asuhan Jose Mourinho hanya kemasukan dua gol dari 10 pertandingan Premier League sejak mulai menjabat.

Baca juga: Hasil Liga Inggris - Tuchel Ukir Catatan Apik di Chelsea, Man City Digdaya

Catatan serupa ditorehkan Tuchel sejak menangani skuad The Blues, dengan hanya kemasukan masing-masing satu gol dari Sheffield United dan Southampton.

Thomas Tuchel secara terpisah menekankan peran penting penjaga gawang Edouard Mendy dalam keberhasilan timnya menahan gempuran lawan di Premier League, termasuk dalam laga kontra Leeds.

“Dia melakukan pekerjaan dengan luar biasa karena mereka memiliki banyak peluang dalam laga ini,” ujar Tuchel kepada laman resmi klub.

“Kami membutuhkan penyelamatan penting darinya dalam pertandingan seperti ini dan saya merasa senang dengan penampilannya.”

Edouard Mendy mencatatkan empat penyelamatan dalam pertandingan melawan Leeds malam tadi, guna menghalau upaya para personel lini depan lawan membobol gawangnya.

Baca juga: Hasil Leeds Vs Chelsea - The Blues Imbang, Tuchel Masih Tak Ternoda

Total, penjaga gawang asal Senegal tersebut sudah berhasil mengakhiri pertandingan tanpa kebobolan saat membela Chelsea dalam 14 kesempatan di ajang Premier League.

Catatan itu hanya kalah dari milik kiper andalan Manchester City, Ederson, yang sudah mencatatkan 15 pertandingan nirkebobolan di Premier League musim ini.



Sumber BBC Sport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X