Fakta Unik Piala Menpora 2021, Kisah Indah Persebaya dan Kota Bandung

Kompas.com - 13/03/2021, 16:00 WIB
Persebaya Surabaya latihan perdana seusai libur pandemi di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (31/08/2020) pagi. Dokumentasi Persebaya SurabayaPersebaya Surabaya latihan perdana seusai libur pandemi di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (31/08/2020) pagi.

BANDUNG, KOMPAS.com - Persebaya Surabaya akan memainkan seluruh pertandingan penyisihan Piala Menpora 2021 di Bandung.

Klub berjulukan Bajul Ijo itu tergabung dalam Grup C fase penyisihan Piala Menpora 2021 bersama Persela Lamongan, Persik Kediri, PS Sleman, dan Madura united.

Seluruh pertandingan Grup C Piala Menpora 2021 akan dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Bagi Persebaya, Bandung tak ubahnya rumah kedua. Eratnya hubungan antara Bonek (suporter Persebaya) dan Bobotoh (pendukung Persib) membuat kehadiran Persebaya selalu disambut hangat oleh publik sepak bola Bandung.

Selain itu, di Bandung pula Persebaya pernah mencatatkan sejumlah momen penting nan indah dalam kiprah mereka di sepak bola Indonesia.

Mundur ke tahun 2017, tepatnya ketika PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Bandung.

Baca juga: Jadwal Persebaya di Piala Menpora: Aji Santoso Beri Materi Taktik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam momen tersebut, status keanggotaan Persebaya sebagai anggota PSSI dipulihkan.

Melalui keputusan itu, Bajul Ijo pun berhak kembali tampil di kompetisi sepak bola nasional, namun harus memulai perjuangan dari Liga 2.

Sebelumnya, Persebaya pernah dijatuhi sanksi pembekuan keanggotaan PSSI karena dianggap mengikuti kompetisi ilegal saat terjadi dualisme kompetisi sepak bola Indonesia pada 2013 lalu.

Kala itu, bukan hanya Persebaya yang mendapatkan sanksi pembekuan keanggotaan PSSI melainkan juga ada enam kesebelasan lain, yakni Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Arema Indonesia, Lampung FC, Persipasi Kota Bekasi, dan Persewangi Banyuwangi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.