Kompas.com - 10/03/2021, 17:20 WIB
Trofi Piala Dunia. FIFA.comTrofi Piala Dunia.

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Rencana penamaan baru bagi Stadion Maracana di Rio de Janeiro ternyata menuai protes warganet.

"Mengapa penamaan itu tidak di Stadion Santos saja," begitu bunyi protes mereka di media sosial.

Awalnya, Stadion Maracana yang dianggap menjadi roh sepak bola Brasil tengah diperjuangkan oleh parlemen di Rio de Janeiro untuk diganti namanya.

Baca juga: Pele Sudah Temukan Pemain yang Bakal Jadi Ahli Warisnya

Jika perjuangan itu sukses, nama stadion itu akan menjadi Stadion Pele.

Patung dua legenda sepak bola dunia, Diego Maradona (kiri) asal Argentina dan Pele dari Brasil, menyongsong Copa Libertradores dan Copa Sudamericana pada 2018. Gambar diambil pada 20 Desember 2020 di Luque, Paraguay.AFP/NORBERTO DUARTE Patung dua legenda sepak bola dunia, Diego Maradona (kiri) asal Argentina dan Pele dari Brasil, menyongsong Copa Libertradores dan Copa Sudamericana pada 2018. Gambar diambil pada 20 Desember 2020 di Luque, Paraguay.

"Pergantian nama ini menjadi hal yang adil mengingat Pele adalah orang yang memperkenalkan kepada dunia tentang sepak bola Brasil," kata Ketua Parlemen Negara Bagian Rio de Janeiro Andre Ceciliano.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada prosesnya, calon peraturan yang diajukan untuk perubahan nama itu mesti diteken oleh gubernur negara bagian.

"Kami menanti tandatangan penjabat gubernur Claudio Castro," kata Andre Ceciliano.

Baca juga: Akankah Stadion Maracana Berubah Nama?

Nantinya, Claudio Castro punya waktu 15 hari untuk meneken calon peraturan itu menjadi undang-undang.

Stadion Maracana di Rio de Janeiro akan dipakai sebagai salah satu rumah sakit darurat, untuk menangani pasien virus corona di Brasil. Stadion ini adalah salah satu yang legendaris di Brasil, dan kerap dipakai timnas Brasil berlaga.RICARDO MORAES/REUTERS Stadion Maracana di Rio de Janeiro akan dipakai sebagai salah satu rumah sakit darurat, untuk menangani pasien virus corona di Brasil. Stadion ini adalah salah satu yang legendaris di Brasil, dan kerap dipakai timnas Brasil berlaga.

Sementara itu, menurut para warganet yang berbeda pandangan tentang Maracana, Santos adalah klub pertama Pele yang membuat nama pesepak bola itu sohor.

Lagi pula, Pele bermain lumayan lama di klub itu.

"Pele bermain mulai 1954 hingga 1974," tulis para warganet.

"Mengapa bukan Stadion Santos, Vila Belmiro, saja yang diganti namanya menjadi Stadion Pele?" begitu tulis warganet.

Pemain Palmeiras ketika merayakan gelar juara Copa Libertadores seusai mengalahkan Santos FC 1-0 di partai final yang dihelat di Stadion Maracana, Minggu (31/1/2021) dini hari WIB.
AFP/ SILVIA IZQUIERDO Pemain Palmeiras ketika merayakan gelar juara Copa Libertadores seusai mengalahkan Santos FC 1-0 di partai final yang dihelat di Stadion Maracana, Minggu (31/1/2021) dini hari WIB.



Sumber Xinhuanet
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X