Fakta Piala Menpora 2021, Pelatih Lokal Pertama Persija di Pramusim

Kompas.com - 10/03/2021, 13:40 WIB
Pemain Persija Jakarta Marko Simic dan Riko Simanjuntak seusai semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 melawan Madura United yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Senin (17/02/2020) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain Persija Jakarta Marko Simic dan Riko Simanjuntak seusai semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 melawan Madura United yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Senin (17/02/2020) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Persija Jakarta resmi menunjuk Sudirman sebagai pelatih kepala baru untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Sergio Farias.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih dan pelatih tim junior itu akan diberikan misi untuk mengawal Ismed Sofyan dan kawan-kawan untuk mengarungi Piala Menpora 2021.

Penunjukkan Sudirman menciptakan sejarah baru. Dia menjadi pelatih lokal pertama yang menukangi Persija Jakarta di pramusim selama lima musim terakhir.

Baca juga: Piala Menpora 2021, Persita Sudah Terbiasa dengan Sleman

Persija Jakarta memang dikenal sebagai klub yang gemar menggunakan jasa pelatih asing. Tercatat setelah kompetisi Indonesia bangkit kembali pasca-pencabutan sanksi FIFA di tahun 2016, Persija Jakarta belum sekali pun menggunan jasa pelatih lokal.

 

Pelatih Persija Jakarta, Paulo Camargo.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pelatih Persija Jakarta, Paulo Camargo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2016 ISC A - Paulo Camargo

Dimulai pada musim 2016, Persija Jakarta menunjuk Paulo Camargo sebagai pelatih kepala. Meskipun dengan dukungan penuh The Jak pelatih berpaspor Brasil tersebut gagal membawa Persija di puncak.

Di tangan Paulo Camargo macan Kemayoran hanya mampu bertengger di posisi 14 klasemen dari total 18 tim.

 

Jelang melawan Arema FC dalam laga lanjutan Piala Presiden 2017, Persija Jakarta dipimpin pelatih Stefano Cugurra latihan di Stadion Gajayana Malang, Jawa Timur (07/02/2017).KOMPAS.com/Suci Rahayu Jelang melawan Arema FC dalam laga lanjutan Piala Presiden 2017, Persija Jakarta dipimpin pelatih Stefano Cugurra latihan di Stadion Gajayana Malang, Jawa Timur (07/02/2017).

2017-2018 Piala Presiden - Stefano Cugurra

Setelah kegagalan di musim 2016 manajemen pun tak tinggal diam. Awal musim 2017 manajemen resmi menunjuk Stefano Cugurra untuk melatih Bambang Pamungkas CS.

Di tahun pertamanya tangan dingin pelatih asal Brasil mampu menjadikan Persija Jakarta lebih baik. Walaupun belum sepenuhnya matang namun di tangan pelatih yang biasa disapa Teco Persija Jakarta lebih tertata dan terbentuk.

Bhayangkara Trofeo Cup 2017 menjadi pramusim pertama Teco bersama Persija Jakarta. Hasilnya Macan Kemayoran hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Bhayangkara FC dan kalah 1-0 atas Arema FC.

Selain Bhayangkara Trofeo Cup, Persija Jakarta juga ambil bagian pada Piala Presiden 2017. Namun sayang kiprah Persija hanya mampu bertahan di fase grup saja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X