Kompas.com - 07/03/2021, 10:15 WIB
Ferdinand Sinaga saat tampil bersama PSM Makassar dalam lanjutan pertandingan Liga 1 2018, menghadapi Persib Bandung di Stadion GBLA, Kota Bandung. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAFerdinand Sinaga saat tampil bersama PSM Makassar dalam lanjutan pertandingan Liga 1 2018, menghadapi Persib Bandung di Stadion GBLA, Kota Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung resmi mendatangkan Ferdinand Sinaga. Mantan pemain PSM Makassar itu diumumkan menjadi bagian dari skuad Persib 2021 pada Sabtu (6/3/2021) dan diikat dengan kontrak berdurasi dua musim.

Ferdinand merupakan rekrutan pertama klub berjulukan Maung Bandung itu pada jendela transfer awal musim 2021.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, mengatakan, kedatangan Ferdinand ke Persib merupakan rekomendasi dari pelatih kepala Maung Bandung, Robert Rene Alberts.

"Wilujeng sumping Ferdinand. Rekomendasi dari tim pelatih. Negosiasi dari dua minggu yang lalu. Ya, ini kan berdasarkan rekomendasi tim pelatih, kami memberikan kontrak selama dua musim," kata Teddy saat dihubungi wartawan, Sabtu (06/03/2021).

Sebelum resmi bergabung dengan Persib, Ferdinand sempat diberitakan merapat ke Boavista FC, klub asal Timor Leste. Mengenai proses perekrutan Ferdinand ke Persib, Teddy mengatakan, Ferdinand datang ke Persib dengan status bebas transfer.

Baca juga: Manajemen Persib Jawab Rumor Soal Ezra Walian dan Stefano Lilipaly

Artinya, untuk mendatangkan Ferdinand ke Bandung, manajemen Persib tidak mengeluarkan biaya transfer kepada pihak Boavista FC. Sebab, kompetisi Timor Leste belum dimulai sehingga Boavista melepas Ferdinand secara cuma-cuma.

"Iya kan kompetisi di Timor belum mulai. Jadi, dia dilepas sama klubnya di sana, dan statusnya adalah free player," kata Teddy.

Sebelum resmi merapat ke Persib, nama Ferdinand memang santer dirumorkan bakal kembali ke Bandung. Bahkan, Robert Alberts pun tak menampik bahwa dia sangat menginginkan Ferdinand bergabung bersama Persib.

Alberts dan Ferdinand pernah bekerja sama di PSM selama lebih kurang dua musim lamanya (2016 hingga 2018). Oleh karena itu, Alberts sudah tahu bagaimana kualitas dari Ferdinand. Apalagi, keduanya punya hubungan kedekatan yang cukup erat.

Baca juga: Update Transfer Persib: Ferdinand Pulang, 8 Pilar Bertahan dan 7 Keluar

"Tentunya Ferdinand dengan saya mempunyai hubungan yang bagus selama berada di Makassar. Kami juga selalu berkomunikasi. Tentunya Ferdinand mau datang bermain di Persib," kata Alberts, beberapa waktu lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X