Kompas.com - 05/03/2021, 17:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menjelaskan strateginya ketika timnas U19 Indonesia melawan Kroasia, 8 September 2020. Dok. PSSIPelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menjelaskan strateginya ketika timnas U19 Indonesia melawan Kroasia, 8 September 2020.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki kejelian saat memilih lokasi tanding skuad Garuda.

Kejelian Shin Tae-yong diketahui berdasarkan kesaksian Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pada sesi konferensi pers jelang laga uji coba timnas U22 Indonesia vs Tira Persikabo, Jumat (5/3/2021) sore WIB.

Pada kesempatan tersebut, Mochamad Iriawan menceritakan momen ketika timnas Indonesia akan melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Uni Emirat Arab (UEA).

Berdasarkan cerita Mochamad Iriawan, Shin Tae-yong ketika itu meminta agar pertandingan digelar di Bali, bukan di Jakarta.

Baca juga: Shin Tae-yong: Pemain Timnas Indonesia Terus Melawan Batas

Sebab, menurut pengamatan Shin Tae-yong, suhu di Bali kala itu lebih panas daripada Jakarta.

"Waktu mau Kualifikasi Piala Dunia lawan Uni Emirat Arab, Shin Tae-yong ingin main di Bali karena suhunya lebih panas dari Jakarta," kata Mochamad Iriawan.

Tidak berhenti di situ, Shin Tae-yong juga mengukur kebiasaan pemain lawan dan waktu yang tepat untuk menghadapi para pemain UEA.

Dia meminta kepada PSSI untuk mengusahakan agar pertandingan berlangsung pukul empat sore, bukan malam.

Baca juga: Curhat Pemain Persija Setelah Sepekan Digembleng Shin Tae-yong di Timnas U22 Indonesia

Rupanya, Shin Tae-yong telah mengukur bahwa jam empat sore di Indonesia sama dengan waktu istirahat (sekitar jam satu) di UEA.

Dengan demikian, menurut pengamatan Shin Tae-yong, pilihan waktu itu bisa menguntungkan bagi timnas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X