Kompas.com - 04/03/2021, 14:40 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan soal Piala Presiden. Dok. Piala PresidenPresiden Joko Widodo saat memberikan keterangan soal Piala Presiden.
|

KOMPAS.COM - Turnamen Piala Menpora 2021 akan bergulir mulai 21 Maret hingga 25 April 2021.

Sebagai ajang pramusim, Piala Menpora diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata kepada pihak penyelenggara seperti yang sukses dijalani Piala Presiden.

Piala Menpora akan menjadi tolok ukur penyelenggaraan kejuaraan sepak bola di tengah pandemi.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menjadi pihak penyelenggara bakal menerapkan protokol kesehatan, untuk ajang yang berlangsung di 4 kota, Solo, Bandung, Malang, dan Sleman.

PT LIB menerangkan, turnamen ini membutuhkan dana sebesar Rp 60 miliar untuk menjalankan ajang tersebut. Dana yang digunakan semuanya berasal dari pihak sponsor.

Bicara soal ajang pramusim, turnamen Piala Presiden yang berjalan selama empat edisi yaitu dari 2015, 2017, 2018, dan 2019. 

Semuanya berjalan dengan baik. Panitia Piala Presiden sama sekali tak menggunakan uang negara sepeser pun.

Baik itu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan juga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Meski tak menggunakan uang negara, hebatnya pihak penyelenggara yang digawangi Maruarar Sirait selaku Ketua Steering Committee (SC) selalu mengedepankan transparansi dan audit.

Baca juga: Piala Menpora 2021 Ingin Seperti Piala Presiden Tanpa APBN

Tekad untuk mewujudkan transparansi keuangan pun tak main-main. Penyelenggara Piala Presiden pun bekerja sama dengan perusahaan auditor profesional firm, Pricewaterhouse Coopers (PwC) Indonesia, untuk mewujudkan keterbukaan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X