Kompas.com - 03/03/2021, 11:00 WIB
Dua pemain dari tim Persib U-20 bergabung dalam sesi latihan tim Persib di Stadion GBLA, Kota Bandung, Kamis (27/8/2020). Official Persib BandungDua pemain dari tim Persib U-20 bergabung dalam sesi latihan tim Persib di Stadion GBLA, Kota Bandung, Kamis (27/8/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Regenerasi skuad menjadi fokus utama Persib Bandung. Dalam beberapa tahun terakhir, klub berjulukan Maung Bandung itu tampak rajin mempromosikan sejumlah pemain muda ke tim senior.

Mempromosikan pemain muda dari tim lintas usia ke tim senior adalah hal lumrah yang biasa dilakukan Persib pada setiap musimnya. Akan tetapi, dalam dua tahun terakhir, promosi pemain muda ke tim senior tampak masif dilakukan oleh klub beralias Maung Bandung itu.

Pada awal musim 2019, Persib sempat mempromosikan dua pemain dari tim U19, Beckham Putra Nugraha dan Syafril Lestaluhu, ke skuad senior.

Kedua pemain tersebut mendapatkan promosi ke tim senior karena tampil apik ketika membawa Persib U19 meraih gelar juara Liga 1 U19 2018.

Masih pada musim yang sama, tepatnya ketika jendela transfer tengah musim 2019 dibuka, Persib lagi-lagi mengorbitkan tiga pemain dari tim U20 ke skuad senior.

Tiga pemain itu adalah Mario Jardel, Ilham Qolba, dan Julius Josel sehingga pada musim 2019, tercatat lima pemain dari tim lintas usia Persib telah dipromosikan ke tim senior.

Baca juga: Robert Alberts Akui Ferdinand Sinaga Masuk Daftar Incaran Persib Bandung

Kendati demikian, hanya Beckham dan Mario Jardel yang bertahan di skuad senior Persib 2020. Adapun tiga pemain lainnya masuk dalam proyeksi skuad Bandung United, kontestan Liga 3 yang berstatus tim satelit Persib.

Meski begitu, proyek regenerasi di skuad Persib tak lantas berhenti. Ketika kompetisi musim 2020 berada dalam kondisi ditangguhkan karena wabah virus corona, Persib menambah amunisi pemain muda dalam skuad mereka.

Tiga pemain dari Persib U19 dipromosikan ke tim senior. Mereka adalah Kakang Rudianto, Syaiful, Ardi Maulana, dan Ravil Shandyka Putra.

Klub berjulukan Maung Bandung itu juga berhasil mendapatkan tanda tangan pilar lini belakang timnas Indonesia U19, Bayu Mohamad Fiqri. Total, ada lima pemain muda baru yang didatangkan Persib selama periode 2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X