Deretan 3 Mantan Presiden Barcelona yang Tersangkut Kasus Hukum

Kompas.com - 03/03/2021, 05:20 WIB
Anggota Dewan Direktur Barcelona termasuk Emili Rousaud (paling kiri) berpose pada 20 Juli 2015 setelah Josep Maria Bartomeu terpilih kembali sebagai Presiden Barcelona mengalahkan Joan Laporta. AFP/JOSEP LAGOAnggota Dewan Direktur Barcelona termasuk Emili Rousaud (paling kiri) berpose pada 20 Juli 2015 setelah Josep Maria Bartomeu terpilih kembali sebagai Presiden Barcelona mengalahkan Joan Laporta.

KOMPAS.com - Penahanan mantan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, pada Senin (1/3/2021) lalu menambah deretan eks petinggi klub tersebut yang harus berurusan dengan aparat penegak hukum.

Josep Bartomeu merupakan contoh terkini dari mantan pemegang tampuk kekuasaan Barcelona yang menjalani penahanan karena melakukan tindakan kriminal.

Seperti dilansir dari laman Diario Sport, tuduhan yang dialamatkan kepada Bartomeu berkaitan erat dengan penyalahgunaan wewenang ketika masih menjabat sebagai Presiden Barcelona.

Kasus yang kemudian diberi tajuk sebagai Barcagate itu bermula dari penunjukan agensi I3 Ventures untuk mengelola kegiatan klub di platform jejaring media sosial.

Namun, perusahaan tersebut pada akhirnya digunakan Bartomeu untuk kepentingan pribadinya, dengan menyerang sejumlah pemain dan legenda klub melalui kampanye hitam.

Selain itu, Bartomeu diduga ikut mengambil keuntungan dari pembayaran kontrak kerja I3 Ventures yang dikabarkan mencapai nominal 1 juta euro atau sekitar 17,2 miliar rupiah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menolak Diperiksa soal Kasus Barcagate, Bartomeu Dibebaskan Sementara

Usai menghabiskan satu malam dalam tahanan serta memakai haknya untuk tutup mulut dan tak memberikan keterangan kepada jaksa, Bartomeu dibebaskan sementara pada Selasa (2/3/2021) waktu setempat.

Sebelum Bartomeu, ada mantan Presiden Barcelona lain yang juga pernah tersangkut masalah hukum.

Dia adalah Sandro Rosell, yang memegang tampuk pimpinan Blaugrana, julukan Barcelona, pada 2010 hingga 2014 lalu.

Tuduhan adanya kegiatan pencucian uang menyeret Sandro Rosell bersama istri dan empat rekan bisnisnya ke meja hijau pada 2014 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Sport.es
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.