Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan 3 Mantan Presiden Barcelona yang Tersangkut Kasus Hukum

Kompas.com - 03/03/2021, 05:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber Sport.es

KOMPAS.com - Penahanan mantan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, pada Senin (1/3/2021) lalu menambah deretan eks petinggi klub tersebut yang harus berurusan dengan aparat penegak hukum.

Josep Bartomeu merupakan contoh terkini dari mantan pemegang tampuk kekuasaan Barcelona yang menjalani penahanan karena melakukan tindakan kriminal.

Seperti dilansir dari laman Diario Sport, tuduhan yang dialamatkan kepada Bartomeu berkaitan erat dengan penyalahgunaan wewenang ketika masih menjabat sebagai Presiden Barcelona.

Kasus yang kemudian diberi tajuk sebagai Barcagate itu bermula dari penunjukan agensi I3 Ventures untuk mengelola kegiatan klub di platform jejaring media sosial.

Namun, perusahaan tersebut pada akhirnya digunakan Bartomeu untuk kepentingan pribadinya, dengan menyerang sejumlah pemain dan legenda klub melalui kampanye hitam.

Selain itu, Bartomeu diduga ikut mengambil keuntungan dari pembayaran kontrak kerja I3 Ventures yang dikabarkan mencapai nominal 1 juta euro atau sekitar 17,2 miliar rupiah.

Baca juga: Menolak Diperiksa soal Kasus Barcagate, Bartomeu Dibebaskan Sementara

Usai menghabiskan satu malam dalam tahanan serta memakai haknya untuk tutup mulut dan tak memberikan keterangan kepada jaksa, Bartomeu dibebaskan sementara pada Selasa (2/3/2021) waktu setempat.

Sebelum Bartomeu, ada mantan Presiden Barcelona lain yang juga pernah tersangkut masalah hukum.

Dia adalah Sandro Rosell, yang memegang tampuk pimpinan Blaugrana, julukan Barcelona, pada 2010 hingga 2014 lalu.

Tuduhan adanya kegiatan pencucian uang menyeret Sandro Rosell bersama istri dan empat rekan bisnisnya ke meja hijau pada 2014 lalu.

Kasus ini bermula dari dugaan aliran dana yang digunakan untuk mendatangkan penyerang Neymar Jr sebesar 57 juta euro atau sekitar 981 miliar rupiah.

Proses penyidikan terhadap Rossel berujung pada penahanan pada 2017 lalu, sebelum akhirnya tuduhan kepada sang eks Presiden Barcelona itu tidak pernah terbukti dalam persidangan.

Nama bekas Presiden Barcelona ketiga yang terjerat kasus hukum adalah Josep Lluis Nunez. Dia dituduh melakukan upaya penyuapan kepada petugas pajak.

Baca juga: Fakta Skandal Barcagate, Aib Besar Eks Presiden Barcelona Bunuh Messi dkk

Josep Nunez merupakan sosok pemegang kekuasaan tertinggi klub asal wilayah Catalunya tersebut pada kurun waktu 1978 hingga 2000 silam. 

Atas pelanggaran itu, Josep Nunez dijatuhi hukuman penjara selama enam tahun sebagai buntut dari proses persidangan yang berlangsung pada 2011 lalu.

Belakangan masa hukuman tersebut dipotong menjadi hanya dua tahun dua bulan, usai Nunez melakukan upaya banding melalui Mahkamah Agung setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sport.es
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com