Kompas.com - 02/03/2021, 21:51 WIB
Pelatih kepala timnas Wales dan legenda Manchester United, Ryan Giggs. AFP/NIKOLAY DOYCHINOVPelatih kepala timnas Wales dan legenda Manchester United, Ryan Giggs.

LONDON, KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dalam cuitannya mengatakan menyambut gembira Pemerintah Inggris yang menyiapkan dana 2,8 juta poundsterling atau sekitar Rp 55,72 miliar untuk proses penawaran tuan rumah Piala Dunia 2030.

"Dana itu untuk proses penawaran," kata pernyataan FA.

Inggris dan seluruh negara yang terhimpun dalam Britania Raya bakal berjuang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Baca juga: Britania Raya Berhimpun Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Britania Raya terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, dan Republik Irlandia.

Serge Gnabry merayakan gol bersama rekan-rekannya pada pertandingan Jerman vs Irlandia Utara dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 di Frankfurt, 19 November 2019. AFP/DANIEL ROLAND Serge Gnabry merayakan gol bersama rekan-rekannya pada pertandingan Jerman vs Irlandia Utara dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 di Frankfurt, 19 November 2019.

Jika dihitung, sudah 64 tahun lamanya Inggris absen menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Saat menjadi tuan rumah pada 1966, Inggris bisa meraih juara dunia.

Baca juga: Arti Penting Inggris Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Sementara, Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Baca juga: Piala Dunia 2030 dan Penantian Inggris

Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko menjadi tuan rumah bersama Olimpiade 2026.

Dua pemain muda timnas Inggris, Mason Greenwood dan Phil Foden.NATHAN STIRK / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFP Dua pemain muda timnas Inggris, Mason Greenwood dan Phil Foden.

Sementara itu, tiga kota di Britania Raya yakni London, Glasgow, dan Dublin menjadi tuan rumah perhelatan Piala Eropa 2020 yang tertunda karena pandemi corona.

Piala Eropa 2020 akan dimainkan kembali pada tahun ini dengan skema semula yakni dilaksanakan di 12 kota di Eropa, termasuk d tiga kota di atas.

PM Inggris Boris Johnson berpidato saat konferensi pers di Downing Street no. 10, London, pada Rabu (30/12/2020).DAILY TELEGRAPH/HEATHCLIFF O'MALLEY via AP PM Inggris Boris Johnson berpidato saat konferensi pers di Downing Street no. 10, London, pada Rabu (30/12/2020).

Sebelumnya, dalam wawancara dengan media The Sun, PM Boris Johnson mengatakan keyakinannya bahwa Britania Raya pantas menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

"Inggris adalah rumahnya sepak bola," kata Boris Johnson.



Sumber FirstPost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X