Kompas.com - 02/03/2021, 12:40 WIB
Tim Persib Bandung menggelar sesi latihan perdana menyambut kompetisi musim 2021 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (01/03/2021). Ofisial Persib Bandung/Sutanto Nurhadi Tim Persib Bandung menggelar sesi latihan perdana menyambut kompetisi musim 2021 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (01/03/2021).

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mewajari penurunan kondisi fisik para pemainnya. Klub berjulukan Maung Bandung itu menggelar sesi latihan tim perdananya dalam menghadapi Liga 1 2021 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (1/3/2021).

Dalam sesi latihan tersebut, Alberts melihat kondisi fisik Supardi Nasir dkk mengalami penurunan signifikan. Pelatih asal Belanda itu menyebut, kondisi para pemain seperti 'berkarat'.

Hanya saja Alberts tidak risau, dia mewajari penurunan kondisi fisik yang dialami para pemainnya. Sebab, sudah setahun lamanya para pemain tidak bertanding dalam level kompetitif.

"Tentunya bisa dilihat mereka terlihat (kondisinya) seperti 'berkarat' tapi itu normal, karena mereka tidak bermain selama satu tahun karena sekarang sudah memasuki bulan Maret. Jadi tidak bisa berharap apapun," kata Alberts, usai memimpin sesi latihan tim Persib.

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola Indonesia terpaksa dihentikan pada pertengahan Maret 2020 karena wabah virus corona. Selama satu tahun, kejelasan terkait kelanjutan kompetisi pun tak kunjung menemui titik terang.

Baca juga: Jawaban Pelatih Persib soal Rumor Stefano Lilipaly dan Rizky Pellu

PSSI pun akhirnya mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan kompetisi musim 2020.

Memasuki awal tahun 2021 harapan kembalinya kompetisi sepak bola profesional Indonesia mulai terlihat. Ditandai dengan akan digelarnya turnamen Piala Menpora pada 21 Maret 2021.

Piala Menpora adalah turnamen pramusim 2021, sekaligus menjadi ajang uji coba penerapan protokol kesehatan ketat dalam lingkup kompetisi sepak bola profesional Indonesia. Piala Menpora 2021 pun menjadi acuan dari kepolisian dalam memberikan izin digelarnya Liga 1 2021.

Alberts sangat menyambut baik gelaran Piala Menpora 2021. Setidaknya, meski jadwal penyelenggaraannya terkesan terburu-buru, Alberts menganggap Piala Menpora 2021 sebagai sebuah harapan kembali menggeliatnya kompetisi sepak bola Indonesia.

Alberts juga bersyukur, karena dengan adanya Piala Menpora dia dan para pemain bisa kembali berlatih di lapangan. Meski sejatinya, persiapan yang saat ini dijalani Persib tidak difokuskan untuk Piala Menpora, melainkan kompetisi resmi musim 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X