Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bela Persib Lagi, Jupe Sikapi Persaingan dengan Igbonefo-Nick Kuipers

Kompas.com - 02/03/2021, 05:50 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Achmad Jufriyanto mengungkapkan kesan positif setelah resmi kembali ke Persib Bandung.

Pemain yang akrab disapa Jupe itu dipastikan kembali ke skuad Persib setelah masa peminjamannya di Bhayangkara FC berakhir.

Jupe pun sudah terlihat bergabung dalam sesi latihan perdana Persib pada musim 2021, yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (1/3/2021).

Meski masuk dalam proyeksi tim Persib musim 2021, Jupe harus bekerja ekstra keras untuk bisa mendapatkan posisi utama di skuad Persib musim ini.

Sebab, mantan pemain Sriwijaya FC itu harus bersaing dengan sejumlah nama, seperti Nick Kuipers dan Victor Igbonefo.

Terkait persaingan memperebutkan posisi inti, Jupe menanggapinya dengan santai. Menurut dia, persaingan adalah hal yang lumrah dalam sepak bola.

Persaingan sehat dalam memperebutkan posisi inti justru bisa berdampak positif bagi tim Persib. Sebab, Maung Bandung memiliki skuad yang dihuni oleh para pemain yang kompetitif.

Baca juga: Doa Pelatih Persib untuk Kim Jeffrey Kurniawan yang Hengkang ke PSS

"Persaingan iya, teman sharing juga iya karena dengan Igbonefo dan Nick kan kami posisinya sama. Terus karena kami satu tim, jadi itu hal yang normal, jadi itu bisa membantu performa tim itu sendiri," kata Jupe, Senin (1/3/2021).

Pesaing Jupe dalam memperebutkan posisi inti di tim bukan hanya Igbonefo dan Kuipers, melainkan juga dua pemain muda potensial; Kakang Rudianto dan Bayu Mohamad Fiqri.

Secara usia, keduanya memang belum genap 20 tahun. Namun, soal pencapaian, Kakang dan Bayu tak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, dua pemain tersebut adalah langganan dipanggil timnas Indonesia U19.

Menurut Jupe, kehadiran Kakang dan Bayu sangat positif dalam proses regenerasi di skuad Persib. Jupe mengatakan, kehadiran Kakang dan Bayu juga menambah motivasi bagi para pemain senior untuk terus memberikan kemampuan maksimal.

Meski begitu, Jupe juga tidak akan segan memberikan ilmu kepada para juniornya itu.

Baca juga: Alasan di Balik Hengkangnya Kim Jeffrey Kurniawan dari Persib Bandung

"Bagus buat tim dan bagi saya yang pemain senior juga menjadi motivasi pribadi kalau kami enggak bisa santai santai kalau ada di bawah kami yang ingin mengejar. Mereka juga ingin ada di posisi tim utama, apalagi kompetisi di dalam tim sangat bagus untuk tim itu sendiri," ujar Jupe.

Jupe sejatinya merupakan pemain serba bisa. Dia bisa diandalkan di berbagai posisi. Selain bek tengah, pemain berusia 34 tahun itu juga piawai memainkan peran sebagai gelandang bertahan.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan, Jupe bisa diandalkan sebagai gelandang jangkar, apalagi Persib baru saja kehilangan Omid Nazari dan Kim Jeffrey Kurniawan, yang biasa bermain di posisi tersebut.

"Kalau untuk posisi, itu keputusannya mutlak ada di tim pelatih. Nah, kalau saya sebagai pemain, siap saja mau ditempatkan di mana pun, asal bukan kiper," kata Jupe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com