Pandemi Corona, Inggris Tetap Ketatkan Kebijakan Jumlah Penonton

Kompas.com - 24/02/2021, 23:38 WIB
Etihad Stadium markas tim Manchester City ShutterstockEtihad Stadium markas tim Manchester City

LONDON, KOMPAS.com - Hingga peta jalan terkini yang dirilis pemerintah Inggris per Selasa (23/2/2021), pengetatan kebijakan jumlah penonton langsung di stadion tetap berjalan.

Pada stadion dengan kepasitas maksimal 40.000 penonton, jumlah penonton yang diperkenankan adalah 10.000 orang.

Inggris memperkirakan kapasitas maksimal stadion bisa terjadi pada Juni 2021.

Baca juga: Southampton Vs Chelsea, Thomas Tuchel Masuk Buku Sejarah Premier League

"Namun, untuk tiba ke tahap itu, pemerintah akan melakukan uji coba jumlah penonton secara bertahap." kata pernyataan Kementerian Kesehatan.

Pemandangan kota Liverpool, Inggris, dengan Stadion Anfield dan Goodison Park.FACEBOOK THE FOOTBALL ARENA Pemandangan kota Liverpool, Inggris, dengan Stadion Anfield dan Goodison Park.

Aturan juga mengena pada lokasi laga di tempat terbuka dengan kapasitas maksimal penonton kurang dari 40.000 orang.

"Lokasi laga terbuka tanpa tempat duduk hanya boleh berisi 4.000 penonton langsung," kata pernyataan kementrian itu.

Angka 4.000 sama artinya dengan separuh atau 50 persen dari total kapasitas maksimal lokasi laga ruang terbuka tanpa tempat duduk.

Markas Arsenal, Emirates Stadium, London, Inggris.Premier League Markas Arsenal, Emirates Stadium, London, Inggris.

Kemudian, aturan juga berlaku di lokasi laga atau stadion tertutup.

"Jumlah penonton yang diperkenankan hanya 1.000 orang atau setara dengan 50 persen dari kapasitas maksimal," kata pernyataan Kementrian Kesehatan Inggris.

Untuk laga sepak bola, kebijakan kuota penonton itu akan ditinjau ulang kembali pada 17 Mei 2021.

Suporter Leeds United berkumpul di sekitar Elland Road pada Jumat (17/7/2020) untuk merayakan kembalinya klub tersebut ke Premier League atau kasta teratas Liga Inggris.AFP/PAUL ELLIS Suporter Leeds United berkumpul di sekitar Elland Road pada Jumat (17/7/2020) untuk merayakan kembalinya klub tersebut ke Premier League atau kasta teratas Liga Inggris.

Dengan catatan bahwa putaran final Premier League berlangsung pada 23 Mei 2021, besar kemungkinan seluruh musim 2020-2021 digelar tanpa penonton.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X