Kompas.com - 24/02/2021, 22:20 WIB
Roberto Firmino dan Sadio Mane dalam laga Liverpool vs Arsenal pada pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021. POOL / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFPRoberto Firmino dan Sadio Mane dalam laga Liverpool vs Arsenal pada pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021.

KOMPAS.com - Sadio Mane menyebut peran rekan setimnya di Liverpool, Roberto Firmino, tidak dihargai sebagaimana mestinya, terlepas dari penurunan performa klub tersebut di Liga Inggris musim ini.

Roberto Firmino belakangan memperoleh kritik karena baru mencetak satu gol untuk Liverpool sejak periode Natal tahun lalu.

Namun, menurut Sadio Mane, kinerja koleganya di lini depan Liverpool itu harusnya tidak selalu diukur melalui jumlah gol yang berhasil diciptakan.

Contoh andil paling besar dari Firmino dalam permainan Liverpool, adalah untuk membuka ruang bagi pergerakan Mane dan Mohamed Salah sehingga memperoleh peluang mencetak gol.

"Sejujurnya, saya dan Mo (Salah) tidak mungkin dapat mencetak gol sebanyak yang kami catat sejauh ini tanpa kehadiran Firmino," kata Mane seperti dilansir dari Sky Sports.

"Dia membuat segalanya lebih mudah untuk kami, bahkan seharusnya mendapat penghargaan lebih besar dibandingkan saya maupun Salah."

Baca juga: Sekarang Semua Ingin Melawan Liverpool karena Mudah Dikalahkan...

Kontribusi dari Roberto Firmino berupa assist bagi rekan setimnya di lini depan sebenarnya masih terlihat dalam penampilan Liverpool di Premier League.

Pemain terakhir yang mendapat layanan prima berupa bola matang dari Firmino adalah Salah, ketika Liverpool takluk dari Leicester City, dua pekan lalu.

Saat itu, Firmino mampu mengoper bola di dalam kotak penalti Leicester mesti sudah dikawal tiga pemain belakang lawan.

Bola tersebut lantas dimanfaatkan Salah untuk menggetarkan jala gawang yang dikawal Kasper Schmeichel.

"Firmino merupakan rekan setim favorit saya hingga saat ini, saya bahkan kerap menggodanya untuk berganti kewarganegaraan menjadi orang Senegal," ujar Mane.

Baca juga: Permalukan Liverpool, Ancelotti Ingin Everton Pun Menang di Kandang

"Kritik yang belakangan muncul adalah bagian dari sepak bola, karena banyak orang hanya menilai jumlah gol sepanjang musim."

Dalam skuad Liverpool saat ini, Roberto Firmino menjadi pemain non-kiper dengan menit bermain terbanyak ketiga di Premier League, setelah bek Andrew Robertson dan gelandang Georginio Wijnaldum.

Catatan menit tampil Firmino mencapai 1.977 menit dari 25 penampilan, dengan dua di antaranya masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti.



Sumber Sky Sports
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X