4 Negara Ini Belum Tinjau Ulang Kebijakan Laga Tanpa Penonton

Kompas.com - 23/02/2021, 22:42 WIB
Suasana Stadion Camp Nou yang kosong pada laga Barcelona vs Las Palmas, 1 Oktober 2017. Barca harus bermain tanpa penonton setelah Liga Spanyol menolak permintaan mereka untuk menunda laga di tengah referendum Catalunya. AFP/JOSE JORDANSuasana Stadion Camp Nou yang kosong pada laga Barcelona vs Las Palmas, 1 Oktober 2017. Barca harus bermain tanpa penonton setelah Liga Spanyol menolak permintaan mereka untuk menunda laga di tengah referendum Catalunya.

LONDON, KOMPAS.com - Ada 4 negara yakni Perancis, Jerman, Italia, dan Spanyol hingga pekan akhir Februari 2021 belum meninjau ulang kebijakan laga sepak bola tanpa penonton.

Sebaliknya, pemerintah Inggris sudah menetapkan kuota jumlah penonton langsung laga sepak bola untuk Mei 2021 berkenaan dengan pandemi corona.

Baca juga: Pandemi Corona, Tiga Olahraga Ini Meningkat Peminatnya

"Jumlah maksimal dalam stadion berkapasitas 40.000 penonton adalah 10.000 penonton," kata Kementerian Kesehatan Inggris, Senin (22/2/2021).

Tolok ukur stadion berkapasitas 40.000 adalah Stadion Etihad, kandang Manchester City.

Foto diambil dari Stadion Mestalla di Valencia dalam pertandingan Grup H Liga Champions antara Valencia vs Atalanta yang berlangsung tanpa penonton sehubungan dengan wabah virus corona.AFP/JOSE JORDAN Foto diambil dari Stadion Mestalla di Valencia dalam pertandingan Grup H Liga Champions antara Valencia vs Atalanta yang berlangsung tanpa penonton sehubungan dengan wabah virus corona.

"Stadion dengan kapasitas lebih kecil dari Stadion Manchester City mendapat kuota seperempat dari kapasitas," kata pernyataan itu lagi.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Ini Kuota Penonton Inggris untuk Mei 2021

Pada 17 Mei 2021, pemerintah Inggris akan menerapkan peringkat ketiga masa lockdown untuk mencegah meluasnya pandemi corona.

Pada tanggal itulah, akan ada peninjauan ulang kebijakan dibukanya kembali stadion sepak bola untuk penonton.

Partai Liga Italia, Juventus dan Inter Milan, dimainkan tanpa penonton di Juventus Stadium pada Minggu (8/3/2020) sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona di Italia.AFP/VINCENZO PINTO Partai Liga Italia, Juventus dan Inter Milan, dimainkan tanpa penonton di Juventus Stadium pada Minggu (8/3/2020) sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona di Italia.

Musim 2020-2021 Liga Inggris akan usai pada 23 Mei 2021.

Sebelumnya, pada Desember 2020, Inggris memperkenankan 2.000 penonton hadir per laga Liga Inggris.

Namun begitu, kebijakan tersebut dicabut kembali lantaran pandemi corona makin meluas.



Sumber FirstPost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X