Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Liverpool Vs Everton, Ancelotti Paten Hadapi Derbi Panas Eropa

Kompas.com - 21/02/2021, 06:40 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah fakta menarik muncul dari laga derbi Merseyside antara Liverpool kontra Everton, pada lanjutan kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League 2020-2021, pada Sabtu (20/2/2021) atau Minggu dini hari WIB.

Laga tersebut berkesudahan dengan skor 2-0 untuk kemenangan Everton, sekaligus menjadi yang pertama diraih oleh kubu The Toffees di Anfield sejak 1999.

Everton sudah unggul lebih dahulu ketika pertandingan memasuki menit ketiga melalui aksi penyerang Richarlison.

Richarlison menyelesaikan operan terukur dari James Rodriguez sembari berduel dengan bek Liverpool Ozan Kabak, sebelum melepaskan tembakan menuju pojok bawah gawang yang dikawal Alisson Becker.

Di pertengahan babak kedua, Liverpool harus kembali menelan pil pahit terkait cedera pemain yang kali ini menimpa sang kapten, Jordan Henderson.

Henderson tersungkur di lapangan setelah sempat mempertahankan penguasaan bola dari gelandang Everton, Abdoulaye Doucoure.

Baca juga: Hasil Liverpool Vs Everton - Dilibas Pasukan Ancelotti, The Reds Ukir Rekor Buruk

Walaupun sempat melanjutkan pertandingan, posisi Henderson di sentral pertahanan Liverpool lantas digantikan oleh bek Nathaniel Phillips.

Gagal memanfaatkan sejumlah peluang di babak kedua, harapan Liverpool untuk meraih angka dari laga ini sirna setelah wasit Chris Kavanagh memberi hukuman penalti di pengujung babak kedua.

Keputusan itu muncul setelah bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold, dianggap mengganjal pergerakan penyerang Everton, Dominic Calvert-Lewin.

Peluang ini tidak disia-siakan oleh gelandang Gylfi Sigurdsson untuk memastikan Everton membawa tiga poin dari markas tim tetangga sekotanya itu.

Di luar hasil pertandingan tersebut, keberhasilan Everton membungkam Liverpool di Anfield memunculkan beberapa fakta menarik.

Baca juga: Babak I Liverpool Vs Everton - Richarlison Cetak Gol Kilat, Henderson Cedera

Melansir Opta Joe dan Squawka, berikut lima fakta dari pertandingan Liverpool vs Everton:

1. Everton mengakhiri rangkaian 23 pertandingan tanpa kemenangan saat menghadapi Liverpool di berbagai ajang. Dalam periode tersebut mereka meraih 12 hasi seri dan menelan 11 kekalahan.

2. Pelatih Everton, Carlo Ancelotti, mengukir kemenangan perdana di derbi Merseyside setelah sebelumnya mencatatkan kemenangan sebagai nakhoda tim dalam derbi Milan, Turin, dan Madrid.

3. Liverpool belum mencetak gol dari skema permainan terbuka dalam pertandingan Premier League di Anfield selama 528 menit.

4. Gylfi Sigurdsson mencatatkan gol tandang kelima melawan Liverpool di berbagai kompetisi, terbanyak dibandingkan torehan dirinya saat melawat ke rumah kontestan lain Liga Inggris.

5. Richarlison menjadi pemain Everton ketiga yang mencetak gol dalam dua laga Premier League beruntun melawan Liverpool di Anfield, setelah Tim Cahill (pada 2006) dan Kevin Campbell (2000).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com