3 Hal Seputar Piala Menpora, Bangun Tidurnya Sepak Bola Indonesia

Kompas.com - 18/02/2021, 21:20 WIB
Menpora Zainudin Amali (ketiga dari kiri) dan Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (ketiga dari kanan) memberikan izin bergulirnya Piala Menpora 2021 pada Kamis (18/2/2021), di Mabes Polri, Jakarta. Dok. KemenporaMenpora Zainudin Amali (ketiga dari kiri) dan Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (ketiga dari kanan) memberikan izin bergulirnya Piala Menpora 2021 pada Kamis (18/2/2021), di Mabes Polri, Jakarta.

KOMPAS.com - Keberjalanan kompetisi sepak bola di Indonesia mulai menemukan titik terang.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggelar turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021.

Adapun Piala Menpora merupakan awal dari kebangkitan kompetisi sepak bola di Indonesia yang telah tertidur sejak pandemi Covid-19 menerpa Ibu Pertiwi.

Berdasarkan penjelasan PSSI dan PT LIB, Piala Menpora juga menjadi ajang pemanasan sebelum Liga 1 dan Liga 2 kembali digelar.

Baca juga: Kapolri: Piala Menpora Jadi Bahan Uji Coba Liga 1 2021

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, yang sepakat dengan visi PSSI pun menilai bahwa keberjalanan kompetisi bisa berdampak baik terhadap persiapan tim nasional Indonesia.

Timnas Indonesia kini tengah bersiap menghadapi sejumlah perhelatan akbar, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, dimulainya kompetisi bisa membuka harapan bagi pelaku sepak bola Indonesia yang menggantungkan hidup pada keberjalanan liga.

"Kalau ditanya urgensinya, kami ini sedang bersiap untuk Piala Dunia U20 yang tadinya digelar pada 2021, SEA Games, kemudian timnas senior, dan sebagainya," kata Zainudin Amali.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ini Permintaan Iran

"Tanpa kompetisi, tidak akan bisa melihat siapa yang berhak masuk ke timnas karena suasana kompetisi dengan latih tanding atmosfernya sangat berbeda," ujar Zainudin Amali.

"Di samping itu, ada klub-klub yang sudah membubarkan klubnya dan mereka yang hidupnya bergantung di situ juga kasihan," tutur Zainudin Amali menjelaskan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.