Kompas.com - 12/02/2021, 23:40 WIB
Erlangga Setyo DOK. PERSIBErlangga Setyo

BANDUNG, KOMPAS.com - Erlangga Setyo tercatat sebagai pemain termuda yang dipanggil dalam pemusatan latihan timnas U22 Indonesia. Kiper Persib U-19 itu baru berusia 17 tahun.

Tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Erlangga karena pada usianya terbilang masih sangat muda, dia sudah mendapat panggilan ke timnas U22.

Terlebih lagi, ini merupakan panggilan keduanya selama era kepelatihan Shin Tae-yong. Sebelumnya, Erlangga juga dipanggil ke skuad timnas U19.

Sejatinya, Erlangga bukan satu-satunya pemain dari timnas U19 yang promosi ke tim U22. Ada tujuh pemain lainnya, yakni Rizky Ridho (Persebaya), Pratama Arhan (PSIS), Bagas Kaffa (Barito Putera), Irfan Jauhari (Bali United), Braif Fatari (Persija), Saddam Emiruddin (PSS), dan Genta Alparedo (Semen Padang).

Meski begitu, dari segi usia, Erlangga masih tercatat sebagai yang paling muda. Para pemain yang promosi dari timnas U19 ke U22 rata-rata usianya sudah mencapai 18 hingga 19 tahun.

Baca juga: Kisah Indah Sergio van Dijk bersama Persib Bandung

Tercatat sebagai pemain termuda, Erlangga tak lantas minder. Agar bisa menembus skuad utama, Erlangga harus bersaing dengan nama-nama seperti Nadeo Argawinata (Borneo FC), Muhammad Riyandi (Barito Putera), dan Muchamad Aqil Savik (Persib).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara usia dan pengalaman, ketiga kiper tersebut memang berada di atas Erlangga. Namun, Erlangga enggan menjadikan hal tersebut sebagai beban. Menurut dia, persaingan adalah hal yang wajar dalam sepak bola.

Terlebih lagi, Erlangga merasa beruntung bisa bergabung bersama Nadeo, Riyandi, dan Aqil yang sudah lebih berpengalaman sehingga dia bisa belajar dan menyerap banyak ilmu dari ketiganya.

"Kalau persaingan kan sebenarnya hal yang wajar. Ya, bersaing sehat karena pada dasarnya kami semua saling dukung," kata Erlangga, Jumat (12/02/2021).

Kehadiran Aqil Savik menjadi motivasi tersendiri bagi Erlangga. Dia mengaku sangat mengidolai sosok Aqil, seniornya di tim Persib, sehingga Erlangga memiliki target untuk bisa menyamai level Aqil.

Baca juga: Kisah Persib Tembus Perempat Final Liga Champions Asia, Dibobol Shin Tae-yong

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.