Kompas.com - 11/02/2021, 15:50 WIB
Suasana rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola Liga 1 & 2 pada Rabu (10/2/2021) pagi WIB. Dok. KEMENPORASuasana rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola Liga 1 & 2 pada Rabu (10/2/2021) pagi WIB.

KOMPAS.com - Salah satu komitmen utama yang dicanangkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 adalah soal protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona.

PSSI dan PT LIB telah mengadakan rapat koordinasi bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kepolisian RI, dan Satgas Penanganan Covid-19 pada Rabu (10/2/2021) di Jakarta.

Pada pemaparan tersebut, PSSI dan PT LIB menjelaskan soal berbagai hal antara lain soal perlunya kompetisi sepak bola dimulai kembali, prosedur kesehatan yang akan dilakukan, serta rencana kompetisi 2021.

Salah satu hal menarik dalam presentasi itu adalah mengenai prokes sepak bola di tengah pandemi.

Baca juga: Menpora: Belum Ada Keputusan soal Izin Liga 1 dan Liga 2 2021

Sesuai presentasi tersebut, PSSI dan LIB mengambil "referensi prokes dari FIFA, AFC, dan panduan dari otoritas kesehatan terkait di tingkat nasional dan internasional, untuk kemudian dilakukan sinkronisasi dengan protokol operasional pertandingan."

PSSI juga menekankan bahwa mereka terlibat aktif dalam proses penyusunan AFC Match Protocol during Covid-19 Pandemic lewat perwakilan dua komisioner pertandingan asal Indonesia dalam diskusi panel ahli AFC.

Ada tujuh poin prokes dalam hal sepak bola pada masa pandemi Covid-19 jika melihat dari presentasi PSSI dan PT LIB yang didapat KOMPAS.com:

1. Seluruh pertandingan disiarkan secara langsung (live) di TV dan saluran berbayar

2. Pembatasan orang yang hadir di stadion dengan jumlah maksimal 299 orang terdiri dari pemain, ofisial, perangkat pertandingan, panitia pelaksana, pejabat terkait, unsur media, unsur keamanan, medis, dan kru tv produksi.

Mereka memposisikan diri sesuai dengan zona-zona yang telah ditentukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X