Kompas.com - 10/02/2021, 19:03 WIB
Sergio van Dijk ketika tampil bersama Persib Bandung dalam lanjutan pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) 2013 menghadapi Barito Putera, di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHASergio van Dijk ketika tampil bersama Persib Bandung dalam lanjutan pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) 2013 menghadapi Barito Putera, di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Sulit rasanya untuk tidak menyebut nama Sergio van Dijk ketika membahas sosok penyerang andal yang pernah bermain untuk Persib Bandung dalam era Liga Indonesia.

Sebagai seorang penyerang, Sergio memiliki insting mencetak gol yang baik. Kaki dan kepalanya bisa diandalkan untuk menjebol gawang lawan.

Ketika membela panji klub berjulukan Maung Bandung itu, banyak gol penting dibukukan Sergio sehingga tak berlebihan rasanya untuk mencatut nama Sergio dalam daftar penyerang terbaik yang pernah dimiliki Persib.

Kiprah Sergio bersama Persib dimulai pada medio 2013. Dia datang ke Bandung dengan reputasi mumpuni, alumnus A-League, kompetisi strata utama Australia.

Perjalanan karier Sergio di Australia dimulai pada 2008 hingga 2013. Dalam kurun waktu tersebut, Sergio bermain untuk dua klub besar Australia, Brisbane Roar dan Adelaide United.

Baca juga: Kisah Persib Tembus Perempat Final Liga Champions Asia, Dibobol Shin Tae-yong

Berbagai prestasi dibukukan Sergio selama lima musim berkiprah di Australia. Paling prestisius tentunya ketika memenangi A-League Golden Boot musim 2010-2011. Itu adalah penghargaan untuk pencetak gol terbanyak di kompetisi utama Australia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi Persib, tentu sebuah keuntungan ketika mereka bisa memboyong Sergio. Selain karena reputasinya yang baik selama berkarier di Australia, Sergio juga datang ke Persib dengan status sebagai pemain lokal.

Meski lahir dan besar di Belanda, Sergio adalah pesepak bola keturunan Indonesia sehingga pada 2013 dia bisa mendapatkan kewarganegaraan Indonesia melalui jalur naturalisasi.

Melalui proses naturalisasi itu, dia pun bisa memperkuat timnas Indonesia. Debutnya bersama Tim Garuda terjadi pada 4 Maret 2013 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi.

Debut mengesankan

Sergio van Dijk ketika tampil bersama Persib Bandung dalam lanjutan pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) 2013 menghadapi Barito Putera, di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Sergio van Dijk ketika tampil bersama Persib Bandung dalam lanjutan pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) 2013 menghadapi Barito Putera, di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.