Kompas.com - 06/02/2021, 15:41 WIB
Asnawi Mangkualam (kedua dari kanan) berpose dengan atribut Ansan Greeners FC, klub kasta kedua Korea Selatan. Di sebelah kiri Asnawi Mangkualam berdiri agen Gabriel Budi. Dokumen pribadi agen Gabriel BudiAsnawi Mangkualam (kedua dari kanan) berpose dengan atribut Ansan Greeners FC, klub kasta kedua Korea Selatan. Di sebelah kiri Asnawi Mangkualam berdiri agen Gabriel Budi.

KOMPAS.com - Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, memiliki niat mulai setelah bergabung dengan klub Korea Selatan, Ansan Greeners FC.

Asnawi Mangkualam mengungkapkan hal tersebut dalam sesi wawancara online yang digelar PSSI dan diikuti sejumlah media nasional, termasuk KOMPAS.com, pada Sabtu (6/2/2021) siang WIB.

Dalam pernyataannya, Asnawi Mangkualam mengaku ingin membuka mata dunia, khususnya regional Asia, dalam melihat bakat sepak bola Indonesia.

Sebab, sepengetahuan Asnawi, para pemain Indonesia masih terbilang sulit untuk berkarier di luar negeri.

Baca juga: Alasan di Balik Pelatih Ansan Greeners Rekrut Asnawi Mangkualam

Menurut Asnawi, kesulitan tersebut terjadi karena para pemain Indonesia belum cukup diperhitungkan oleh klub-klub luar negeri, terutama di Asia.

Oleh karena itu, Asnawi ingin tampil maksimal hingga mengukir prestasi ketika mendapat kesempatan berkarier di Korea Selatan bersama Ansan Greeners FC.

Harapannya, dengan mengukir prestasi, Asnawi bisa membuka jalan bagi para pemain Indonesia yang ingin berkarier di Korea Selatan.

"Kalau motivasi memang ada karena kalau saya bisa berprestasi di sini, mungkin teman-teman yang dari Indonesia juga bakal lebih mudah untuk bermain di Asia," kata Asnawi.

Baca juga: Kisah di Balik Bergabungnya Asnawi ke Ansan Greeners FC: Rela Digaji Lebih Rendah

"Karena memang saat ini pemain Indonesia sangat sulit untuk bermain di luar negeri. Kita tak bisa memungkiri kalau pemain Indonesia sangat diremehkan di luar, di Asia terutama," ucap Asnawi.

"Apalagi di tim-tim dari negara seperti Korea Selatan, Jepang, pemain Indonesia belum terlalu diperhitungkan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X