Soal Kecurangan Tes Kewarganegaraan Italia, Luis Suarez Beri Kesaksian

Kompas.com - 05/02/2021, 22:05 WIB
Luis Suarez merayakan golnya pada laga Liga Spanyol yang mempertemukan Atletico Madrid vs Elche di Stadion Wanda Metropolitano, Sabtu (19/12/2020). AFP/ OSCAR DEL POZOLuis Suarez merayakan golnya pada laga Liga Spanyol yang mempertemukan Atletico Madrid vs Elche di Stadion Wanda Metropolitano, Sabtu (19/12/2020).

KOMPAS.com - Luis Suarez memberikan kesaksian di balik dugaan kecurangan saat dirinya menjalani tes bahasa demi mendapatkan kewarganegaraan Italia di Universitas per Stranieri di Perugia.

Pada September 2020 lalu, Luis Suarez melakukan ujian bahasa level B1 sebagai syarat memperoleh kewarganegaraan Italia agar dapat bergabung dengan Juventus, yang ketika itu ingin merekrutnya dari Barcelona.

Namun, tes tersebut diduga memiliki sebuah kejanggalan dengan Luis Suarez dikatakan sudah tahu jawaban pertanyaan-pertanyaan yang akan dilayangkan.

Perhatian pun tertuju ke Juventus yang diduga main mata dengan pihak penyelenggara ujian agar dapat memudahkan Suarez bermain di Italia.

Baca juga: Satu Penyelesan Terbesar Ronald Koeman soal Luis Suarez

Kantor Kejaksaan Umum Perugia pun melakukan penyelidikan dan mengumpulkan barang bukti terkait adanya dugaan kecurangan tersebut.

Selain pihak penyelenggara, otoritas terkait juga menyelidiki Direktur Juventus, Fabio Paratici, yang juga diduga terlibat kasus ini.

Belum ada perkembangan terkini mengenai kasus tersebut. Namun, Suarez baru-baru ini telah memberikan kesaksiannya.

Menurut pemain asal Uruguay itu, ia melakukan tes demi memiliki paspor Italia terlepas dari minat Bianconeri.

Baca juga: Luis Suarez Tersakiti Usai Ditelepon Koeman, Simeone yang Memotivasi

Secara tak langsung, Suarez juga menangkis dugaan kecurangan karena ia sudah melakukan persiapan lama untuk melakukan tes.

"Ada banyak klub yang tertarik, tidak hanya Juventus," kata Suarez dikutip Football Italia, Jumat (5/2/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X