Kompas.com - 05/02/2021, 21:00 WIB
Laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, Bhayangkara FC vs Persija Jakarta di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). BOLASPORT.com/MUHAMMAD ALIFLaga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, Bhayangkara FC vs Persija Jakarta di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

KOMPAS.com - Keputusan akhir mengenai izin penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 kini masih berada di tangan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Menurut Kepala Baharkam Polri, Komjen Agus Andrianto, lembaganya belum menerbitkan izin apa pun mengenai penyelenggaraan kompetisi, termasuk gelaran Liga 1 maupun Liga 2.

Terlebih, saat ini pihak kepolisian juga belum memperbolehkan adanya keramaian dalam berbagai bentuk sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

Baca juga: Ikat 28 Pemain, Madura United Siap Tancap Gas Jelang Liga 1 2021

"Nanti, Kapolri akan memutuskan (memberi izin atau tidak) berdasarkan pertimbangan situasi yang ada," ujar Agus Andrianto seperti dilansir dari laman resmi Polri.

Keterangan senada juga ditegaskan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, mengenai perizinan terselenggaranya kompetisi sepak bola nasional tersebut pada musim ini.

"Kalau sudah ada izinnya akan disampaikan," ujar Rusdi pada Jumat (5/2/2021).

Sebelumnya, harapan ajang Liga 1 kembali bergulir muncul usai terbit pernyataan dari Baintelkam Polri, Kombes Budi Sajidin.

Dalam webinar yang diadakan oleh SIWO Pusat pada Rabu (3/2/2021) lalu, Budi menyebut pihaknya bersiap memberi lampu hijau bagi penyelenggara liga untuk memulai kompetisi.

Ketika itu, Budi secara tidak langsung menyebut terdapat sejumlah syarat yang perlu dipenuhi oleh operator liga untuk mendapat perizinan dari Polri.

"Lampu hijaunya untuk sepak bola bisa dilakukan, informasinya tanpa penonton," ujar Budi.

Baca juga: Rencana Liga 1 2021, Main di Solo dan Tentukan Laga Pembuka

"Bahwa untuk tata cara kegiatan Liga 1, kemungkinan ini bisa dilaksanakan, sudah dipertimbangkan."

PSSI disebut menyambut baik adanya respons positif Polri terkait perizinan penyelenggaraan kompetisi dalam waktu dekat.

Bahkan, sejumlah kabar menyebut pihak federasi bersama operator liga telah menyiapkan rencana untuk menggelar musim baru Liga 1 dan Liga 2 pada Mei atau Juni mendatang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X