Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Diincar Man United, Wonderkid Ekuador Berlabuh ke Brighton

Kompas.com - 02/02/2021, 02:04 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Brighton & Hove Albion mengumumkan bergabungnya gelandang tengah Moises Caicedo dari klub Ekuador, Independiente del Valle, pada Senin (1/2/2021) waktu setempat.

Pemain 19 tahun tersebut dikabarkan didapatkan Brighton dengan mahar senilai 4,5 juta pound (sekitar 86,3 miliar rupiah).

Sebelum resmi bergabung dengan Brighton, Moises Caicedo sempat disebut menjadi incaran klub kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, lainnya, yakni Manchester United.

Baca juga: Hasil Liga Inggris - Tottenham Tumbang, Brighton Menang Kandang Pertama

Bahkan beberapa pekan jelang bursa transfer musim dingin dibuka, Man United dirumorkan telah melakukan penjajakan untuk mendapatkan jasa pemain tim nasional Ekuador tersebut.

Namun, belakangan Brighton menjadi satu-satunya klub yang membuka pembicaraan serius untuk mendatangkan Caicedo.

"Kami merasa senang pada akhirnya Caicedo bergabung dengan klub ini, bukan rahasia lagi bahwa kami menginginkannya sejak beberapa waktu lalu," kata pelatih Brighton, Graham Potter, seperti dilansir dari Sky Sports.

"Ia akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan rekan setimnya maupun standar tuntutan permainan di tingkat Premier League," ujarnya menambahkan.

Caicedo mulai mencuri perhatian sejumlah klub Eropa pada Oktober lalu, ketika menyumbangkan satu gol bagi timnas Ekuador untuk mengalahkan Uruguay dengan skor 4-2.

Torehan itu membuat Caicedo tercatat sebagai pemain kelahiran abad ke-21 pertama yang mampu mencetak gol dalam ajang kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan (CONMEBOL).

Hingga saat ini, Caicedo sudah membela skuad La Tricolor sebanyak empat kali dan membukukan satu gol.

Brighton dikabarkan mengikat sang pemain dengan kontrak jangka panjang yang baru berakhir pada Juni 2025 mendatang.

Potter menepis anggapan bahwa klubnya akan meminjamkan Caicedo ke tim lain agar memperoleh menit bermain lebih banyak dalam waktu dekat.

Baca juga: Manchester United Pinjamkan Pemain Muda 19 Tahun ke Deportivo Alaves

"Satu-satunya rencana untuknya saat ini adalah membiarkannya tetap bergabung dengan tim utama," kata Potter.

"Terlepas dari segala cara yang bisa Anda lakukan demi perkembangan pemain, saya memilih untuk menempatkannya bersama pemain tim utama saat ini."

Brighton saat ini berada di posisi ke-17 dalam klasemen sementara Premier League dengan raihan 21 poin dari 21 pertandingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com