Kompas.com - 30/01/2021, 14:40 WIB
Asnawi Mangkualam (kedua dari kanan) berpose dengan atribut Ansan Greeners FC, klub kasta kedua Korea Selatan. Di sebelah kiri Asnawi Mangkualam berdiri agen Gabriel Budi. Dokumen pribadi agen Gabriel BudiAsnawi Mangkualam (kedua dari kanan) berpose dengan atribut Ansan Greeners FC, klub kasta kedua Korea Selatan. Di sebelah kiri Asnawi Mangkualam berdiri agen Gabriel Budi.


KOMPAS.com - Pelatih Ansan Greeners FC, Kim Gil-sik, menjelaskan alasan mengapa timnya merekrut Asnawi Mangkualam Bahar.

Bek sayap timnas Indonesia, Asnawi bakal beraksi di kasta kedua Liga Korea Selatan dengan bergabung bersama Ansan Greeners.

Kepastian bergabungnya Asnawi ke Ansan dikonfirmasi langsung oleh Gabriel Budi selaku agen pemain bersangkutan pada Jumat (29/1/2021).

Adapun, bergabungnya Asnawi ke Ansan berdasarkan rekomendasi pelatih sekaligus manajer timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca juga: Alasan Mengapa Kota Ansan Bisa Bikin Asnawi Mangkualam Betah

"Sebagai seorang bek, dia adalah pemain dengan tekad dan semangat dan ini akan bekerja dengan baik di K-League," kata coach Shin.

"Sebagai pemain yang menjanjikan di timnas Indonesia, ia saat ini aktif di timnas U-23 dan timnas senior. Dia bertugas untuk mempertahankan sayap kanan dan pertahanannya sangat baik dengan posisi tubuhnya, sehingga penyerang tidak bisa menunjukkan kemampuan dengan baik," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kedatangan Asnawi Mangkualam disebut-sebut sebagai tujuan pemasaran.

Akan tetapi hal berbeda terlontar dari pelatih Ansan Greeners FC, Kim Gil-sik.

Baca juga: Kisah di Balik Bergabungnya Asnawi ke Ansan Greeners FC: Rela Digaji Lebih Rendah

Ia menilai Asnawi adalah bisa menjadi pemain yang dibutuhkan di tim.

"Asnawi bukanlah pemain yang direkrut untuk tujuan pemasaran," ucap Kim Gil-sik dilansir Bolasport.com dari MBCSportsplus.

"Diputuskan bahwa dia bisa menjadi pemain yang diperlukan untuk tim," ujar Kim Gil-sik.

"Saya berharap bisa memimpin tantangan Ansan dengan pemain asing lainnya di musim 2021," ujarnya.

Baca juga: Rancangan Timnas Indonesia di SEA Games 2021: PSSI Pastikan Tak Tiru Malaysia

Bergabungnya Asnawi ke Ansan membuatnya menjadi pemain Indonesia pertama yang merumput di Liga Profesional Korea Selatan. (Metta Rahma Melati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.