Rancangan Timnas Indonesia di SEA Games 2021: PSSI Pastikan Tak Tiru Malaysia

Kompas.com - 29/01/2021, 21:30 WIB
Pemain Timnas U-22 Indonesia Sani Rizki berebut bola dengan pemain Vietnam Nguyen Trong Hoang pada pertandingan final sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019). Garuda Muda kalah 0-3 dari Vietnam dan harus puas meraih medali perak cabang olahraga sepak bola. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPemain Timnas U-22 Indonesia Sani Rizki berebut bola dengan pemain Vietnam Nguyen Trong Hoang pada pertandingan final sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019). Garuda Muda kalah 0-3 dari Vietnam dan harus puas meraih medali perak cabang olahraga sepak bola.

KOMPAS.com - PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air berbicara soal rancangan timnas Indonesia untuk SEA Games 2021 di Vietnam.

Dalam pernyataannya, PSSI berkomitmen tidak akan meniru langkah Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) yang menurunkan timnas U19 di SEA Games 2021.

Melansir Antara News, rencana FAM yang akan menurunkan timnas U19 di SEA Games 2021 diketahui berdasarkan pernyataan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) pada pertengahan Januari 2021.

Langkah FAM terbilang unik, sebab sesuai regulasi SEA Games sebelumnya, maksimal usia pemain yang dapat berlaga di cabang olahraga sepak bola putra adalah 22 tahun.

Baca juga: Gelandang Asal Kolombia Masuk Daftar Calon Naturalisasi Timnas Malaysia

Bahkan, pada SEA Games 2019, setiap negara peserta juga diizinkan memakai maksimal dua pemain senior dengan umur di atas 22 tahun.

Namun, bukannya memanfaatkan kesempatan tersebut, FAM justru berencana menurunkan timnas U19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut AFF, langkah yang diambil FAM memiliki tujuan jangka panjang.

Selain di SEA Games 2021, timnas U19 Malaysia juga diproyeksikan tampil di SEA Games 2023 (Kamboja) dan Kualifikasi Olimpiade 2024.

Baca juga: Eks Pelatih Timnas U19 Malaysia Akui Fanatisme Suporter Indonesia

Terkait hal ini, PSSI berkomitmen tidak akan mengikuti langkah FAM.

Komitmen tersebut diungkapkan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, yang mengklaim bahwa Indonesia memiliki cara sendiri dalam menatap SEA Games 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.