Peran Penting Shin Tae-di Balik Hijrahnya Asnawi Mangkualam ke Korrsel

Kompas.com - 22/01/2021, 18:38 WIB
Asnawi Mangkualam mencetak gol kelima timnas U-23 Indonesia saat menghadapi Filipina di Stadion Jalan Besar, Singapura, pada ajang Merlion Cup 2019. Redaksi Kompas.comAsnawi Mangkualam mencetak gol kelima timnas U-23 Indonesia saat menghadapi Filipina di Stadion Jalan Besar, Singapura, pada ajang Merlion Cup 2019.

KOMPAS.com - Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dikabarkan telah menyepakati kontrak dengan klub asal divisi kedua Liga Korea Selatan ( K-League 2), Ansan Greeners.

Kesepakatan tersebut diketahui tercapai pada 19 Januari lalu, seperti diungkap oleh salah satu petinggi klub tersebut, Joo Chan-Yong.

"Ikatan kontrak Asnawi berdurasi selama setahun dengan klausul opsi perpanjangan selama setahun berikutnya," ujar Chan-yong seperti dikutip dari KBS.

Baca juga: Klub Kasta Kedua Korea Selatan Resmi Rekrut Asnawi Mangkualam

"Langkah kami mendatangkan pemain tersebut juga didasarkan pada rekomendasi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong," katanya menambahkan.

Besarnya peran pelatih yang juga berasal dari Korea Selatan itu dalam proses kepindahan Asnawi ke Ansan Greeners diakui langsung olehnya.

Melalui wawancara di kesempatan berbeda dengan KBS, Shin menegaskan kelebihan pemain yang dilatihnya dalam pemusatan pelatihan timnas U-23 di Spanyol lalu.

Asnawi, menurut Shin, memiliki kelebihan dalam mengawal pergerakan pemain lawan dalam kapasitasnya sebagai pemain bertahan.

"Seperti pemain bertahan pada umumnya, ia memiliki dasar determinasi dan semangat juang saat tampil di lapangan," ujar Shin mengenai pemain 21 tahun itu.

"Biasa bermain di sisi kanan pertahanan, pemain ini tidak pernah ragu untuk berduel secara fisik agar pemain lawan yang dikawalnya tidak mampu mengeluarkan kemampuan secara optimal," katanya lagi.

Melalui kesempatan bergabung dengan Ansan Greeners ini, Shin berharap Asnawi bisa memperoleh pengalaman berharga sekaligus mengembangkan kemampuannya.

Halaman:


Sumber Naver
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X