Ambil Keputusan Latih Derby, Rooney Minta Saran Legenda Liverpool

Kompas.com - 16/01/2021, 13:00 WIB
Wayne Rooney menjadi pelatih tim utama Derby County menggantikan Phillip Cocu pada medio November 2020. AFP/DARREN STAPLESWayne Rooney menjadi pelatih tim utama Derby County menggantikan Phillip Cocu pada medio November 2020.

KOMPAS.com - Legenda Manchester United, Wayne Rooney, mengaku terinspirasi sejumlah mantan pemain lain yang melanjutkan karier sebagai pelatih di sejumlah klub profesional.

Rooney menerima tawaran sebagai pelatih tim divisi kedua Liga Inggris ( Championship), Derby County, pada Kamis (14/1/2021).

Mantan penyerang Manchester United itu memutuskan untuk mengambil peran sebagai nakhoda Derby berdasarkan diskusi dengan sejumlah kolega, tak lama usai mengumumkan pensiun sebagai pemain.

Salah satu yang menjadi rujukan Rooney adalah pelatih tim Skotlandia, Rangers, sekaligus mantan rekannya saat membela timnas Inggris, Steven Gerrard.

Baca juga: Wayne Rooney Resmi Pensiun, Jadi Pelatih Full Time Derby County

Gerrard lebih dahulu pensiun pada 2017 sebelum akhirnya meniti karier sebagai pelatih dengan mendampingi tim usia muda mantan klubnya, Liverpool.

Ia akhirnya direkrut sebagai pelatih tim utama oleh Rangers pada Juni 2018, dan kini berpeluang membawa klubnya menjuarai kasta tertinggi Liga Skotlandia untuk kali pertama sejak satu dekade lalu.

"Saya berbicara dengannya (Gerrard) sehari sebelum mengambil keputusan mengenai pekerjaan ini, kami berteman baik sejak lama dan ia memutuskan berkarier sebagai pelatih dalam usia muda," kata Rooney seperti dilansir dari Daily Mail.

"Kami berbicara mengenai pengalamannya sejauh ini sebagai pelatih, terlepas adanya perbedaan sudut pandang kami saat menghadapi sebuah pertandingan," katanya menambahkan.

Rooney berharap masukan dari Gerrard menjadi bekal untuk dapat mengawali kinerja kepelatihan bersama Derby, yang sesungguhnya tengah berada dalam situasi sulit.

Derby kini berada di papan bawah klasemen sementara Championship, dan tengah berfokus untuk bisa lepas dari zona degradasi.

Halaman:


Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X