Kompas.com - 15/01/2021, 06:00 WIB
Juergen Klopp memberikan instruksi kepada pemainnya dalam laga Chelsea vs Liverpool pada pekan kedua Liga Inggris yang digelar di Stadion Stamford Bridge, 20 September 2020. AFP/POOL/NEIL HALLJuergen Klopp memberikan instruksi kepada pemainnya dalam laga Chelsea vs Liverpool pada pekan kedua Liga Inggris yang digelar di Stadion Stamford Bridge, 20 September 2020.

KOMPAS.com - Mantan wasit Liga Inggris, Mark Clattenburg, menyebut Juergen Klopp hipokrit alias munafik usai menuding Manchester United kerap diuntungkan penalti di Liga Inggris.

Pelatih Liverpool tersebut mulanya menyebut hal itu ketika The Reds ditaklukkan Southampton 0-1 dalam lanjutan Liga Inggris, Selasa (5/1/2021).

Pada laga yang berlangsung di Stadion St Mary's itu, Klopp merasa dirugikan karena timnya tak diberikan penalti saat bek The Saints, julukkan Soton, kedapatan melakukan handball di kotak terlarang.

Selain itu, terdapat juga insiden di mana penyerang Liverpool, Sadio Mane, dilanggar, tetapi wasit tak menunjuk titik putih. Karenanya, Klopp pun merasa marah usai laga berakhir.

Ia menyampaikan emosinya kepada wasit sekaligus membandingkan rival Liverpool, Manchester United, yang malah lebih sering dapat hadiah penalti.

Baca juga: Liverpool Vs Man United, Setan Merah Bicara Soal Keberuntungan?

Secara detail, sang juru taktik asal Jerman itu menggarisbawahi Man United yang lebih banyak dapat penalti dalam waktu dua tahun daripada Liverpool pada masa kepelatihannya sejak 2015.

Melihat hal itu, Mark Clattenburg pun memberikan tanggapan soal keluhan Klopp.

Menurut wasit yang saat ini bertugas di Liga Arab Saudi itu, pernyataan Klopp yang menuding Man United adalah tidak benar.

“Tidak ada konspirasi apa-apa dari pihak wasit dan ofisial,” kata Clattenburg seperti dikutip dari Metro, Kamis (14/1/2021)

“Apakah Klopp mengisyaratkan kalau ada konspirasi demikian atau mengatakan Man United mendukung pemain mereka melakukan diving? Jika tujuannya yang pertama, saya tak ingin meresponsnya, karena itu tak benar,” tambahnya.

Baca juga: Liverpool Vs Man United, Laga Besar yang Bisa Hentikan Rekor Menawan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X