Akhirnya, Wasit Mengaku Keliru soal Tekel Pickford kepada Van Dijk

Kompas.com - 10/01/2021, 21:50 WIB
Kiper Everton, Jordan Pickford, melabrak bek Liverpool, Virgil Van Dijk, dengan tekel setinggi lutut kaki pada laga Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Sabtu (17/10/2020). BT SPORTSKiper Everton, Jordan Pickford, melabrak bek Liverpool, Virgil Van Dijk, dengan tekel setinggi lutut kaki pada laga Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Sabtu (17/10/2020).

KOMPAS.com - Keputusan wasit terkait pelanggaran keras kiper Everton, Jordan Pickford, ke bek Liverpool Virgil van Dijk dalam laga kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, Oktober lalu diakui sebagai sebuah kekeliruan.

Pengakuan tersebut disampaikan oleh sang pengadil sendiri, Michael Oliver, yang menyebut seharusnya ia memberi Pickford kartu merah usai melakukan tekel keras selevel lutut Virgil van Dijk di area kotak penalti.

Terjangan sang penjaga gawang pada akhirnya berakibat nahas bagi van Dijk, yang harus mengalami cedera lutut parah dan kemungkinan besar tidak dapat kembali bermain hingga akhir musim ini.

Oliver pada saat itu justru memberikan tendangan bebas untuk Everton, karena melihat asisten wasit mengangkat bendera pertanda posisi bek Liverpool itu sudah berada di posisi offside saat menyambut umpan panjang.

Baca juga: Clarence Seedorf Terpukau dengan Tekad Virgil van Dijk

Tinjauan ulang dari VAR semakin menguatkan keputusan Oliver untuk melanjutkan pertandingan dengan tendangan bebas dan tidak menghukum Pickford.

"Pada awalnya saya berpikir pelanggaran tersebut tidak akan berbuah penalti karena lebih dulu terjadi offside, ataupun sebaliknya," kata Oliver seperti dilansir dari Daily Mail.

"Saya secara sungguh-sungguh sudah melihat tayangan ulang laga itu, dan menilai posisi Pickford dalam upaya melindungi gawangnya keliru sehingga berakibat cedera pemain lawan," ujarnya lagi.

Oliver menyebut dirinya beserta seluruh perangkat pertandingan, termasuk penanggung jawab VAR saat itu David Coote, gagal melihat pelanggaran Pickford dari sudut pandang lebih besar.

Coote saat itu menghabiskan waktu lebih dari semenit untuk menganalisis posisi van Dijk, termasuk membuat garis pembanding untuk menentukan apakah bek asal Belanda itu offside atau tidak.

"Kami semua tidak memikirkan tekel yang dilakukan Pickford secara mendalam seperti seharusnya," kata Oliver terkait situasi dalam pertandingan di Stadion Goodison Park.

Halaman:


Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X