Tim Utama Ambruk karena Covid-19, Derby Mainkan Tim Muda di Piala FA

Kompas.com - 07/01/2021, 13:40 WIB
Trofi Piala FA AFP/DANIEL LEAL-OLIVASTrofi Piala FA

KOMPAS.com - Klub divisi kedua Liga Inggris, Derby County, dipastikan menurunkan para pemain muda dari tim akademi mereka, saat menghadapi agenda Piala FA Inggris menghadapi Chorley FC pada Sabtu (9/1/2021) nanti.

Keputusan itu diambil mengingat temuan kasus positif Covid-19 dalam lingkup tim utama mereka, yang dialami sembilan pemain maupun anggota staf kepelatihan sejak awal pekan ini.

Direktur Eksekutif Derby, Stephen Pearce, menyebut opsi untuk menurunkan pemain akademi dalam agenda menghadapi tim non-liga tersebut diambil agar pertandingan bisa terlaksana sesuai rencana.

Baca juga: Covid-19 di Inggris Melonjak, Laga Piala FA Terancam Ditunda

Para pemain belia yang akan tampil dalam laga nanti, akan menjalani tes Covid-19 secara bersamaan pada Kamis (7/1/2021) waktu setempat, sebagai syarat persiapan jelang laga tersebut.

"Sesuai peraturan, kami masih memiliki kewajiban bertanding selama masih memiliki 14 pemain yang terdaftar, baik di tim utama maupun akademi, serta dalam kondisi sehat," ujar Pearce seperti dilansir KOMPAS.com dari Four Four Two.

"Kami saat ini memiliki total 16 pemain yang bisa diturunkan dalam laga pada akhir pekan mendatang, dan pihak klub merasa lega sekaligus senang dapat memenuhi kewajiban tersebut," katanya lagi.

Para pemain belia tersebut merupakan gabungan dari anggota skuad kelompok U-23 dan U-18, yang akan didampingi oleh duet pelatih Pat Lyons dan Gary Bowyer.

Di sisi lain semua anggota pemain utama termasuk pelatih mereka, Wayne Rooney, harus menjalani isolasi mandiri setidaknya hingga pekan depan, sesuai peraturan penyelenggara kompetisi Liga Inggris, EFL.

Usai adanya temuan kasus positif Covid-19 pada pemain dan staf pelatih, Derby telah menutup sementara pusat latihan tim untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Baca juga: Hasil Undian Piala FA: Mourinho Dapat Tim Kasta Kedelapan Liga Inggris

Selain itu, pihak klub juga menyusun ulang lapangan sekaligus mengetatkan protokol kesehatan dalam markas mereka, Stadion Pride Park.

Dalam mempesiapkan para pemain mudanya untuk menjalani laga Piala FA nanti, Derby mengusulkan agar mereka dapat berlatih di pusat latihan timnas Inggris, St. George's Park, yang berkarak tidak jauh dari markas klub.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), disebut menyambut baik permintaan tersebut dan berniat menanggung seluruh biaya persiapan tim, termasuk berkaitan dengan pelaksanaan tes Covid-19.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X