Kompas.com - 06/01/2021, 06:40 WIB
Bek Liverpool, Joel Matip, tampak kesakitan saat tampil pada laga kontra West Bromwich Albion, Minggu (27/12/2020) malam WIB. AFP/STU FORSTER Bek Liverpool, Joel Matip, tampak kesakitan saat tampil pada laga kontra West Bromwich Albion, Minggu (27/12/2020) malam WIB.

KOMPAS.com - Krisis pemain belakang di kubu Liverpool memaksa pelatih Juergen Klopp menggeser dua pemain berposisi gelandang, Jordan Henderson dan Fabinho, untuk berperan sebagai bek tengah.

Komposisi darurat tersebut diturunkan Klopp dalam laga menghadapi Southampton dalam lanjutan kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, pada Senin (4/1/2021) atau Selasa dini hari WIB kemarin.

Hal itu menjadi solusi dari Klopp atas absennya tiga orang bek tengah sekaligus akibat cedera, yakni Virgil van Dijk, Joe Gomez, juga yang terkini dialami Joel Matip.

Situasi memprihatinkan itu membuat legenda Liverpool, John Barnes, menyarankan pelatih asal Jerman tersebut segera berburu bek tengah baru selama bursa transfer pada Januari ini.

Baca juga: Jamie Carragher: Liverpool Tidak Akan Juara Liga Inggris jika...

Pemain belakang tersebut bisa menjadi solusi sementara meningkatkan kualitas pertahanan tim, serta mengembalikan posisi asli Henderson dan Fabinho agar bisa bermain secara optimal di lini tengah lapangan.

"Jelas bagi Liverpool bahwa mereka membutuhkan personel lebih banyak untuk melapis absennya pemain di lini belakang saat ini," ujar Barnes seperti dilansir KOMPAS.com dari Daily Mail.

"Masalah cedera serta kebutuhan mencari bek tengah alternatif justru berdampak pada menurunnya kinerja lini tengah, karena pemain terbaik di posisi tersebut justru bertugas menjadi pilar pertahanan tim."

Barnes menegaskan pihak Liverpool sebaiknya melupakan rencana untuk mendatangkan pemain lain, yang tidak berkaitan dengan solusi menambal kebutuhan pemain belakang dalam waktu dekat.

Termasuk juga kemungkinan kubu asal Merseyside, Inggris itu untuk menghamburkan banyak dana demi membeli penyerang bintang asal klub Perancis, Paris Saint-Germain (PSG), yakni Kylian Mbappe.

Mbappe dikabarkan muncul dalam rencana transfer Liverpool, setelah adanya rumor ketertarikan sejumlah tim seperti Barcelona dan Real Madrid kepada penyerang mereka saat ini, Mohamed Salah.

Halaman:


Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X