Kompas.com - 27/12/2020, 03:00 WIB
Gelandang Phil Foden (tengah) merayakan gol bersama rekan-rekannya pada laga Olympiakos vs Man City yang merupakan matchday keempat Liga Champions 2020-2021, di Stadion Georgios-Karaiskakis, Rabu (25/11/2020) atau Kamis dini hari WIB. AFP/ARIS MESSINISGelandang Phil Foden (tengah) merayakan gol bersama rekan-rekannya pada laga Olympiakos vs Man City yang merupakan matchday keempat Liga Champions 2020-2021, di Stadion Georgios-Karaiskakis, Rabu (25/11/2020) atau Kamis dini hari WIB.

KOMPAS.com - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, punya masukkan khusus kepada gelandang serang muda, Phil Foden.

Dia berharap, masukkan itu membuat sang pemain bisa mengembangkan kemampuannya pada masa mendatang.

Foden disebutnya wajib menurunkan intensitas saat berlaga di lapangan, khususnya saat harus mengambil keputusan dalam menyelesaikan peluang di depan gawang lawan.

"Phil memang memiliki energi luar biasa. Untuk itu, ia masih harus belajar mengurangi kecepatan saat menuntaskan peluang atau memberikan operan kunci," kata Guardiola seperti dikutip dari Guardian.

Baca juga: Jelang Man City Vs Newcastle, Guardiola: Gol Bukan Hadiah dari Santa Claus!

"Ia membutuhkan lebih banyak pengalaman untuk lebih kalem dalam beberapa kesempatan. Pemain papan atas biasanya memiliki kesabaran saat berada di wilayah sepertiga akhir permainan," ujarnya lagi.

Pelatih asal Spanyol itu menyebut sang pemain memainkan sepak bola dengan ritme serupa saat turun bermain dalam berbagai pertandingan berseragam Man City.

Padahal, untuk beradaptasi dengan lawan berbeda, Guardiola menyebut para pemain harus menyesuaikan diri dengan tempo permainan.

Dengan demikian, mereka memiliki kemampuan untuk mengubah jalannya laga.

Bukan tidak mungkin nantinya, Foden bisa berkembang dan menjadi lebih produktif apabila sudah mampu mengendalikan diri lebih baik saat memiliki peluang di lini pertahanan lawan.

"Kurangnya kesabaran sebenarnya normal bagi pemain seusianya, saya yakin pada akhirnya ia akan memahami kebutuhan untuk lebih tenang di lapangan," ujar Guardiola.

"Saya tahu kami semua di tim ini bisa menaruh kepercayaan dan bergantung kepadanya setiap saat," ucapnya menambahkan.

Baca juga: Setelah Hajar Arsenal, Pep Guardiola Bicara soal Masa Depan Arteta

Foden sudah mencetak lima gol untuk Man City di berbagai ajang musim ini, termasuk kali terakhir dalam pentas Piala Liga Inggris, atau Carabao Cup.

Ia menyumbang satu gol untuk mengantarkan timnya meraih kemenangan 4-1 atas Arsenal pada fase perempat final, yang berlangsung pada Selasa lalu.

Sementara torehan gol Foden baru mencapai dua buah di ajang Premier League. Kali terakhir dibuatnya dalam laga menghadapi West Ham United pada Oktober lalu.



Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X