Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pirlo Disemprot Presiden Napoli karena Komentar Soal Juve Batal Menang Gratis

Kompas.com - 26/12/2020, 12:50 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manajer Juventus, Andrea Pirlo, dikecam oleh Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, usai memberikan komentar terkait keputusan laga Juve vs Napoli yang harus diulang.

Laga Juventus vs Napoli pada 4 Oktober 2020 harus dibatalkan lantaran Il Partenopei enggan berangkat ke Turin untuk menjalankan partai tersebut.

Napoli yang tak hadir pun dinilai menyalahi aturan dan harus menelan kekalahan 0-3 setelah dinyatakan walk out (WO).

Tak hanya itu, imbas dari kelakukan tak profesional tersebut juga membuat pasukan Rino Gattuso diganjar pengurangan satu poin di Serie A.

Baca juga: Pirlo Soal Juventus Batal Menang Gratis Lawan Napoli: Kami Terima, tetapi...

Namun, Napoli tidak memenuhi jadwal pertandingan Serie A tersebut bukan tanpa alasan.

Sebab, mereka tengah mengikuti anjuran otoritas kesehatan lokal di Campania (ASL) menyusul dua kasus Covid-19 di skuad mereka yang menimpa Piotr Zielinski dan Eljif Elmas

Napoli yang merasa alasannya rasional berupaya melakukan banding ke CONI (Komite Olimpiade Italia) demi membuat hukumannya dicabut.

Upaya tersebut pun menuai hasil pada Rabu (23/12/2020), Il Partenopei memenangkan banding dan membuat poin mereka dipulihkan.

Tak lama berselang, Andrea Pirlo yang mendengar kabar ini memberikan responsnya.

"Kami tak masalah memainkan laga tersebut," ujar mantan gelandang legendaris itu dilansir Sky Italia.

Baca juga: Juventus Kalah Telak, Begini Respon Cristiano Ronaldo

"Namun, saya lebih kecewa kepada tim-tim yang memilih tetap bermain walau jauh lebih banyak personel yang terkena Covid dan mereka sangat fair dengan terus bermain."

"Saya tak ingin mengatakan apakah keputusan itu tepat atau tidak tetapi tak terlihat adil bagi tim-tim lain yang terpaksa bermain di situasi lebih sulit," tuturnya.

Pernyataan Andrea Pirlo pun menuai kecaman dari De Laurentiis. Menurut sang Presiden Napoli tersebut, Pirlo 'sok tahu' mengenai kasus ini.

Ia tak setuju dengan respons pelatih Juve tersebut dan melihat Pirlo tidak memahami hukum yang telah ditetapkan otoritas Italia terkait.

"Pirlo bukan seorang pengacara. Dia tidak paham prosedur yang telah berlaku dan tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi dalam hal protokol," kata De Laurentiis dikutip dari Goal International, Jumat (26/12/2020).

"Pirlo lebih baik fokus saja jadi pelatih, itu saja dan serahkan jawabannya kepada kepada perwakilan klubnya," tuturnya.

Hingga kini, belum ada info pasti kapan partai ulangan antara Juventus vs Napoli akan dihelat.

Sementara itu, banding tersebut membuat poin Juve saat ini berkurang tiga angka dan Si Nyonya Tua pun terjun ke peringkat keenam klasemen.

Di sisi lain, Napoli berada di posisi lebih baik dengan menempati peringkat ke lima dengan koleksi 25 poin, selisih satu angka dari Juventus yang berada di bawahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com