Kompas.com - 23/12/2020, 07:00 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, pada laga kontra Shakhtar Donetsk (Ukraina), Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. AFP/GABRIEL BOUYSPelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, pada laga kontra Shakhtar Donetsk (Ukraina), Kamis (22/10/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, merasa terganggu usai dituding mendapatkan keuntungan dari wasit usai meraih kemenangan 3-1 atas Eibar dalam lanjutan kompetisi teratas Liga Spanyol, La Liga, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menyebut wasit sepantasnya memberi hukuman tendangan penalti usai tangkapan kamera menunjukkan bola hasil sundulan pemain Eibar mengenai siku bek Madrid, Sergio Ramos.

Zidane merasa kesal dengan serangan terbuka Koeman terhadap wasit dalam laga yang melibatkan Madrid, sementara dirinya tidak pernah melakukan hal serupa atau berkomentar mengenai laga tim rivalnya itu.

"Wasit adalah bagian dari permainan dan mereka bisa saja melakukan kesalahan sebagaimana para pemain maupun kita semua dalam kehidupan masing-masing," ujar Zidane seperti dikutip Kompas.com dari Marca.

Baca juga: Resmi Kembali ke Santiago Bernabeu, Iker Casillas Jadi Wakil CEO Real Madrid Foundation

"Dengan segala hormat terhadap pendapat Koeman, saya tidak akan berkomentar lebih jauh dan lebih memikirkan pertandingan selanjutnya menghadapi Granada," katanya menjelaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelatih berkebangsaan Perancis itu mengaku sering mendengar komentar mengenai kinerja wasit yang kerap memberikan keuntungan bagi timnya dalam sebuah laga.

Namun, hal tersebut dianggapnya sebagai upaya untuk merusak konsentrasi para pemain dalam menghadapi pertandingan sesungguhnya.

"Memang benar bahwa seringkali pembicaraan terkait keputusan tertentu dari wasit beredar di media, berita semacam itu menjadi salah satu hal yang harus kami hadapi," kata Zidane.

"Rasanya menyebalkan untuk menyediakan waktu membicarakan hal tersebut, sementara kami harus fokus dan memusatkan pikiran sepenuhnya pada agenda berikutnya," ujarnya.

Madrid sendiri faktanya sudah diganjar hukuman penalti sebanyak lima kali oleh wasit di ajang LaLiga musim ini, hanya kalah dari Real Valladolid dengan enam kali hukuman penalti dan Real Betis (tujuh).

Baca juga: Mo Salah Terbuka Pindah ke Real Madrid atau Barcelona, jika...

Sedangkan sebaliknya, wasit cuma dua kali memberikan kesempatan eksekusi penalti bagi Madrid sepanjang musim ini, dibandingkan Barcelona yang sudah memenangkan empat buah sepakan dua belas pas di LaLiga.

"Memang kami tidak jarang mendapat kerugian karena keputusan penalti, saya sendiri cenderung tidak ambil pusing mengenai hal itu," ujar Zidane.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Marca
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.