Terakhir Bela Timnas 2016, Bek Madura United Kaget Dipanggil Shin Tae-yong

Kompas.com - 22/12/2020, 20:20 WIB
Pemain Madura United, Andik Rendika Rama. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain Madura United, Andik Rendika Rama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bek Madura United, Andik Rendika Rama, mengaku kaget ketika PSSI mengundangnya untuk menjalani pemusatan latihan timnas Indonesia.

Dia tak menyangka masih mendapatkan kesempatan tampil di timnas pada usianya yang ke-27 tahun, apalagi mantan pemain Persija Jakarta tersebut sudah lama absen dari timnas.

Terakhir, ia mendapatkan panggilan pada zaman kepelatihan Alfred Riedl pada 2016.

"Terakhir ikut TC tahun 2016, pelatih almarhum Alfred Riedl," kata pemain yang biasa disapa Rama itu kepada Kompas.com.

Yang pasti, pemain asal Gresik tersebut mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan panggilan timnas, apalagi 36 pemain yang dipilih merupakan seleksi dari Shin Tae-yong sendiri.

Baca juga: Timnas U19 Indonesia Vs Barcelona Permintaan PSSI, Bukan Shin Tae-yong

Dia memastikan tidak akan menyia-nyiakan pemanggilan timnas keduanya ini.

"Ya pertama, Rama bersyukur dengan pemanggilan timnas kedua ini. Ini menjadi kesempatan dan pengalaman yang sangat berharga karena tidak semua pemain bisa mendapatkannya. Ada kebanggaan tersendiri bisa memperkuat skuad Garuda," katanya.

Di sisi lain, Andik Rendika Rama mengaku tidak punya persiapan khusus untuk pemanggilan ini. Dia cukup percaya diri karena selama penghentian kompetisi rutin latihan mandiri.

"Ya mungkin persiapan khusus tidak ada, tetapi sebagai pemain profesional pada saat pandemi seperti ini harus tetap menjaga kondisi dengan latihan mandiri," katanya.

Baca juga: Shin Tae-yong Singgung Kompetisi Usai Pimpin Latihan Timnas

Saat ini, dia sudah bergabung dengan 36 pemain lainnya di Jakarta. Dia berangkat pada Minggu (20/12/2020) sore setelah menjalani serangkaian tes kesehatan sejak hari Jumat (18/12/2020) lalu.

Dia tidak berangkat sendiri, bersama dua rekannya di Madura United yang juga mendapatkan panggilan, yakni Syahrian Abimanyu dan Samuel Christianson.

Ketiganya pun dilepas dengan doa oleh Presiden Madura United, Achsanul Qosasi. Tak lupa orang nomor satu di Madura United tersebut meminta ketiganya menjaga diri selama pemusatan latihan.

"STY memberikan kesempatan kepada tiga pemain Madura United. Balas penghargaan Shin Tae-yong ini dengan permainan baik dan benar," tulis Achsanul Qosasi di akun Instagram pribadinya.

"Semoga Rama, Abi, dan Samuel memanfaatkan kesempatan ini dengan sempurna, melalui kedisiplinan yang baik, kebersamaan yang tinggi, serta kepedulian yang hebat. Jangan cederai namamu dengan tindakan indisipliner," lanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X