Kompas.com - 22/12/2020, 10:32 WIB
Bek Uruguay Barcelona Ronald Araujo (2L) merayakan golnya bersama penyerang Argentina Barcelona Lionel Messi selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara FC Barcelona dan Valencia CF di stadion Camp Nou di Barcelona pada 19 Desember 2020. AFP/LLUIS GENEBek Uruguay Barcelona Ronald Araujo (2L) merayakan golnya bersama penyerang Argentina Barcelona Lionel Messi selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara FC Barcelona dan Valencia CF di stadion Camp Nou di Barcelona pada 19 Desember 2020.

BARCELONA, KOMPAS.com - Pencapaian manis kapten Barcelona, Lionel Messi terkini adalah meraih trofi El Pichichi hingga kali ke-7.

El Pichichi adalah penghargaan di Liga Spanyol untuk pencetak gol terbanyak.

Uniknya, prestasi itu tetap dibarengi fakta bahwa pemain berpaspor Argentina itu gentar sendiri.

"Hal mengerikan adalah jika berlaga sendiri tanpa disaksikan fans," kata Lionel Messi usai penganugerahan El Pichichi pada Senin (21/12/2020).

Baca juga: Raih Trofi El Pichichi Ke-7, Lionel Messi: Juara La Liga Lebih Penting

Sama seperti liga-liga lain di seluruh dunia, Liga Spanol setidaknya memasuki bulan kesepuluh tanpa kehadiran penonton langsung di stadion.

Pandemi corona adalah pemicu utama lengangnya stadion-stadion sepak bola di hampir seluruh belahan dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sensasi bermain tanpa fans itu jelek sekali," kata Lionel Messi.

Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo menyapa penyerang Barcelona Lionel Messi (kanan) sebelum pertandingan Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Juventus di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Desember 2020.AFP/JOSEP LAGO Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo menyapa penyerang Barcelona Lionel Messi (kanan) sebelum pertandingan Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Juventus di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Desember 2020.

Stadion kosong akan tetap menjadi status Liga Spanyol hingga April 2021.

Pasalnya, pandemi corona yang kembali meningkat di Spanyol.

Sementara, Spanyol tengah mempersiapkan diri untuk pemberian vaksin anti-corona bagi rakyatnya.

Menurut rencana, penonton bisa kembali hadi di stadion pada laga tunda Final Piala Raja 2020 yang mempertemukan Real Sociedad versus Athletic Bilbao.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.