Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Kalahkan Valencia, Koeman Dibela Presiden Barcelona

Kompas.com - 20/12/2020, 20:30 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber Marca

KOMPAS.com - Presiden klub Barcelona, Carles Tusquets, menyuarakan pembelaannya terhadap kinerja pelatih Ronald Koeman belakangan ini.

Koeman kembali menuai kekecewaan penggemar Barcelona, setelah tim asuhannya meraih hasil imbang 2-2 melawan Valencia dalam lanjutan kompetisi teratas Liga Spanyol, La Liga, pada Sabtu (19/12/2020) malam WIB.

"Saya tidak akan menyalahkan siapa pun. Koeman sejauh ini menjalankan tugasnya dengan baik dan mendapat dukungan penuh dari saya," ujar Tusquets seperti dilansir dari Marca.

"Saya beberapa kali menyempatkan diri berada dalam satu meja makan dengannya, dan ia terlihat sebagai sosok yang optimistis," katanya menambahkan.

Baca juga: Ronald Koeman Ungkap Penyebab Barcelona Gagal Libas Valencia

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona tertinggal lebih dulu dari Valencia melalui gol Mouctar Diakhaby.

Blaugrana lantas sempat membalas dan mengambil alih keunggulan berkat torehan gol dari Lionel Messi dan Ronald Araujo.

Namun, skuad arahan Koeman harus gigit jari setelah Maxi Gomez mampu kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-69.

Pelatih asal Belanda itu menyalahkan kurangnya konsentrasi para pemain dalam mempertahankan keunggulan, termasuk saat memiliki kesempatan untuk menambah gol.

Ia juga mempertahankan keputusannya untuk memasukkan bek Clement Lenglet di babak kedua, daripada menambah pemain berkarakter ofensif.

"Tim lawan bertahan dengan baik, kami berusaha untuk menang di babak kedua, hanya tidak berhasil membuat peluang sebanyak yang kami inginkan," ujar Koeman.

"Selain itu, kami kehilangan penguasaan bola di wilayah yang berbahaya. Saya memilih memainkan tiga bek tengah untuk dapat mengontrol jalannya pertandingan dengan lebih baik," katanya lagi.

Kegagalan meraih angka penuh saat meladeni Valencia membuat Barcelona berpeluang menjauh dari posisi puncak klasemen yang saat ini ditempati Atletico Madrid.

Baca juga: Buyarkan Kemenangan Barcelona, Maxi Gomez Jadi Momok Lionel Messi dkk

Barcelona sendiri berada di posisi kelima klasemen sementara dengan raihan 21 poin, atau berjarak delapan angka dari Atletico yang sudah meraup 29 poin.

Selain itu, Messi dan rekan setim sudah memainkan satu pertandingan lebih banyak dibandingkan Atletico Madrid di ajang LaLiga musim ini.

Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatih Barcelona sejak Agustus 2020 lalu menggantikan Quique Setien dan terikat kontrak hingga 2022 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Marca
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com