PSSI Respons Protes Persipura soal Tiket Persija ke Piala AFC 2021

Kompas.com - 19/12/2020, 11:30 WIB
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi (jaket merah), memberikan keterangan terkait polemik PSSI dengan Shin Tae-yong di Kantor PSSI, Kamis (18/6/2020). IstimewaPlt Sekjen PSSI, Yunus Nusi (jaket merah), memberikan keterangan terkait polemik PSSI dengan Shin Tae-yong di Kantor PSSI, Kamis (18/6/2020).


KOMPAS.com - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menjawab protes Persipura soal perwakilan Indonesia di Piala AFC 2021.

PSSI menetapkan Bali United dan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

Bali United dipilih karena merupakan juara Liga 1 2019, sedangkan Persija sebagai runner-up Piala Indonesia 2019.

Keputusan PSSI itu kemudian mendapat banyak protes dari sejumalah pihak, termasuk Persipura Jayapura.

Baca juga: Bali United dan Persija Resmi Wakili Indonesia di Piala AFC 2021

Persipura yang juga dinyatakan lolos lisensi klub AFC seperti Bali United dan Persija, merasa lebih berhak mewakili Indonesia di Piala AFC 2021.

Pasalnya, posisi Persipura di klasemen akhir Liga 1 2019 jauh di atas skuad Macan Kemayoran, julukan Persija.

Protes tersebut sudah sampai di telinga Yunus Nusi selaku Plt Sekjen PSSI. Yunus Nusi menjelaskan bahwa pihaknya juga telah meneruskannya kepada Federasi Sepak Bola Asia (AFC).

"Soal protes dari Persipura juga sudah kami sampaikan ke AFC. Jadi, sekarang kami tinggal menunggu penentuan dari AFC," kata Yunus Nusi dilansir BolaSport dari Warta Kota.

Persija Jakarta ditunjuk PSSI sebagai pengganti PSM Makassar (juara Piala Indonesia 2019) yang tidak bisa tampil di kompetisi Asia karena tak punya lisensi AFC.

Namun, jika melihat regulasi yang tertuang dalam Entry Manual for AFC Club Competition 2021 Edition, Persipura Jayapura lebih berhak mendapatkan tiket untuk mewakili Indonesia di Piala AFC 2021 ketimbang Persija.

Baca juga: Wakili Indonesia di Piala AFC, Bali United Terancam Ditinggal Pilar Utama

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X