Kompas.com - 17/12/2020, 08:40 WIB
Manajer Liverpool Juergen Klopp (kiri) bersama penyerang Liverpool Mohamed Salah pada akhir pertandingan Liga Champions Atalanta vs Liverpool pada 3 November 2020 di Stadion Atalanta di Bergamo. AFP/MIGUEL MEDINAManajer Liverpool Juergen Klopp (kiri) bersama penyerang Liverpool Mohamed Salah pada akhir pertandingan Liga Champions Atalanta vs Liverpool pada 3 November 2020 di Stadion Atalanta di Bergamo.

KOMPAS.com - Keberhasilan Liverpool meraih kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur dalam laga pekan ke-13 kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, membuat sang pelatih, Juergen Klopp bahagia.

Skuad asuhan Klopp kini ganti memuncaki klasemen sementara Premier League, berkat tambahan angka penuh dari duel yang berlangsung di Stadion Anfield pada Rabu (16/12/2020) atau Kamis dini hari WIB itu.

Pelatih asal Jerman tersebut, menyanjung kinerja anak asuhnya yang dianggap pantas keluar sebagai pemenang, sekaligus menggusur Tottenham dari posisi teratas tabel peringkat kompetisi saat ini.

"Kami berhasil memanfaatkan dominasi penguasaan bola dengan baik, para pemain bekerja keras dan layak meraih kemenangan. Di luar fakta bahwa tim lawan sempat membalas dan menciptakan sejumlah peluang," kata Klopp seperti dikutip KOMPAS.com dari BBC.

Baca juga: Liverpool Vs Tottenham, Mourinho Sebut Tottenham Tampil Lebih Baik

Ia memiliki pendapat tersendiri mengenai gol balasan Tottenham, yang dicetak oleh penyerang Son Heung-min untuk menyamakan kedudukan pada babak pertama.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam pandangan saya gol itu seharusnya dianulir karena offside. Meski perangkat pertandingan bisa melakukan tinjauan hingga 20 kali, dari posisi saya berdiri gol tersebut tidak sah," ujarnya.

Wasit Anthony Taylor memang sempat berdiskusi dengan asisten VAR yang bertugas, Chris Kavanagh, mengenai posisi Son saat menerima bola dari gelandang Giovani Lo Celso.

Hasilnya, sang pengadil laga tetap mengesahkan gol tersebut sebab Son dianggap berada di belakang garis pertahanan terakhir atau sejajar dengan bek tengah Liverpool, Rhys Williams.

"Tidak ada pemain yang patut disalahkan mengenai gol Tottenham. Saya sudah merasa senang karena para pemain sangat pantas mendapat tiga poin dari pertandingan ini," ucap Klopp menambahkan.

Penyerang Liverpool asal Brasil, Roberto Firmino, tampil sebagai pahlawan kemenangan bagi timnya dengan gol sundulan kepala pada menit tambahan di pengujung babak kedua.

Pemain 29 tahun itu sudah mengoleksi tiga gol di Premier League sejauh ini, setelah sempat menerima kritik akibat gagal membobol gawang lawan dalam lima pertandingan beruntun di ajang tersebut.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris, Liverpool Kudeta Tottenham Hotspur

"Sundulan yang mengagumkan. Saya turut berbahagia untuknya dalam laga ini serta yang terpenting, selama pertandingan pergerakannya membantu tim membuka celah di pertahanan lawan," ujar Klopp.

Satu gol lain Liverpool di pertandingan itu dibuat oleh Mohamed Salah, yang bersama Son, menjadi pencetak gol terbanyak sementara di Premier League dengan capaian 11 gol.



Sumber BBC Sport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X