Misi Besar Kurnia Sandy Turun Gunung Tangani Pembinaan Usia Dini

Kompas.com - 16/12/2020, 19:40 WIB
Pelatih kiper Madura United, Kurnia Sandy (tengah). KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPelatih kiper Madura United, Kurnia Sandy (tengah).

SIDOARJO, KOMPAS.com - Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Sandy, menyibukkan diri sebagai pelatih di Safin Pati Football Academy (SPFA).

Pelatih kiper Madura United itu sudah menukangi akademi milik Wakil Bupati Pati tersebut sejak awal tahun ajaran baru bulan Juli ini.

Di tengah penghentian kompetisi, praktis sang pelatih bisa lebih fokus pada tugas pembinaan usia dini yang sudah diamanahkan kepadanya.

Tak hanya itu, pelatih yang pernah mencicipi kompetisi Serie A bersama Sampdoria tersebut mengakui punya misi khusus.

Berbekal pengalaman sebagai pemain dan pelatih, dia ingin membenahi kembali fondasi latihan kiper dengan benar.

Baca juga: PSSI Bicara Kemungkinan Timnas U19 Indonesia Melawan Barcelona

 

Dia menilai kurikulum latihan yang digunakan saat ini cenderung monoton, tanpa ada perubahan signifikan.

“Saya mau melatih anak-anak karena ingin membenahi dasar-dasar kiper yang benar,” kata Kurnia Sandy kepada KOMPAS.com.

“Berdasarkan pengalaman pribadi selama jadi kiper, dari awal saya belajar hampir tidak pernah mendapatkan koreksi tentang teknik dasar kiper yang benar.”

“Dulu belajar yang penting bisa tangkap dan bola tidak lepas, tanpa mengetahui teknik teorinya. Ini terjadi juga pada kiper-kiper yang ada sekarang,” imbuhnya.

Karena itu, Kurnia Sandy ingin menciptakan sebuah kurikulum baru yang bisa lebih spesifik dan relevan dengan sepak bola modern saat ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X