Dortmund Tidak Gegabah Cari Pengganti Haaland Januari Nanti

Kompas.com - 15/12/2020, 23:00 WIB
Striker Borussia Dortmund Erling Braut Haaland. AFP/ELMAR KREMSERStriker Borussia Dortmund Erling Braut Haaland.

KOMPAS.com - Dampak absennya penyerang Erling Haaland terasa dalam kegagalan Borussia Dortmund meraih kemenangan dalam dua pertandingan terakhir di kasta teratas Liga Jerman, Bundesliga.

Bahkan, dalam laga terakhir, Dortmund mengalami kekalahan telak 1-5 dari tim promosi Stuttgart dan berujung pada pemecatan pelatih Lucien Favre sehari setelah laga.

Kubu Dortmund sendiri mengaku tidak berminat mencari pengganti Haaland, yang tengah mengalami cedera otot dan diperkirakan baru bisa kembali tampil pada tahun depan.

Sejauh ini, Dortmund masih mengandalkan sejumlah pilar lini depan lain, seperti Jadon Sancho, Julian Brandt, Marco Reus, hingga Thorgan Hazard untuk mengisi posisi Haaland sementara waktu.

Baca juga: Usai Raih Golden Boy 2020, Erling Haaland: Saya Ingin Juara Liga Champions!

Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, juga mengungkap tiga alasan mengapa klubnya tidak akan mencari penyerang baru dalam bursa transfer Januari mendatang.

Pertama, Zorc menyebut cedera Haaland sebagai momen istirahat bagi sang pemain, setelah memikul beban sebagai sumber gol utama Dortmund di berbagai ajang.

"Kita semua tahu Haaland memiliki keinginan kuat untuk tampil setiap saat saat ia mampu. Jelas bagus bagi kami saat ia berada dalam kondisi optimal untuk bermain di banyak pertandingan," kata Zorc seperti dikutip dari Kicker.

Alasan kedua bagi Zorc enggan berbelanja saat jeda transfer kembali bergulir terkait dengan potensi salah satu bakat belia Dortmund, Yossoufa Moukoko.

"Kami tidak ingin memberi beban dengan menghadirkan penyerang lain dalam tim dan memberinya kesempatan untuk berkembang," ucap Zorc.

"Saya berharap ia mendapat menit bermain lebih banyak dalam beberapa pekan mendatang, usai menunjukkan kesiapannya dalam sesi latihan bersama tim utama," katanya.

Baca juga: Lucien Favre Resmi Dipecat Borussia Dortmund

Faktor terakhir adalah struktur neraca keuangan klub yang tengah terganggu akibat pandemi Covid-19 yang melanda kawasan Eropa, termasuk Jerman.

"Sejujurnya, kami tidak memiliki dasar secara ekonomi untuk melakukan pembelian pemain dalam situasi seperti sekarang," kata Zorc.

Dortmund di sisi lain sudah mengangkat asisten pelatih Favre, Edin Terzic, untuk menjabat sebagai nakhoda tim sementara dengan ikatan kontrak sampai Juni 2021 mendatang.



Sumber Kicker
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X