Lucien Favre Resmi Dipecat Borussia Dortmund

Kompas.com - 13/12/2020, 21:48 WIB
Pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre, usai laga babak 16 besar DFB Pokal menghadapi Werder Bremen di Weserstadion, Rabu (5/2/2020). AFP/FIRO SPORTPHOTO/JUERGEN FROMMEPelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre, usai laga babak 16 besar DFB Pokal menghadapi Werder Bremen di Weserstadion, Rabu (5/2/2020).

KOMPAS.com - Borussia Dortmund resmi memecat Lucien Favre dari kursi kepelatihan Die Borussen, Minggu (13/12/2020) waktu setempat.

Menurut laporan Bild, raksasa Bundesliga tersebut memutus kontrak Favre hanya dalam kurun waktu 24 jam setelah Dortmund kalah telak 1-5 dari Stuttgart, Sabtu (12/12/2020).

Hasil itu membuat Dortmund mencatat kekalahan terbesar di kandang sendiri musim ini.

Adapun kekalahan 1-5 tersebut membuat Die Borussen mengulangi mimpi buruk di kandang sendiri yang sebelumnya diderita dari Bayern Muenchen pada 2009-2010 dan Werder Bremen pada 1971-1972 silam.

Pemecatan Favre akan dikonfirmasikan ke seluruh skuad Dortmund pada Minggu sore waktu setempat, sekaligus penugasan sang asisten pelatih, Edin Terzic, yang akan menjadi caretaker tim.

Baca juga: Dibabat Stuttgart 1-5, Dortmund Tuai Rekor Terburuk di Bundesliga

Favre dipecat setelah menukangi Dortmund selama dua musim.

Tercatat, pelatih asal Swiss itu telah memimpin Die Borussen selama 110 pertandingan dengan rincian 68 kali menang, 17 seri, dan 25 kali menelan kekalahan.

https://twitter.com/MailSport/status/1338114826745294849

Selama menjabat sebagai pelatih Favre memang kerap kali mendapatkan kecaman dari berbagai pihak seiring performa Dortmund yang tidak menjanjikan, meski musim lalu finish sebagai runner up Bundesliga.

Terkini, ia juga mendapatkan kritikan tajam dari anak asuhnya, Mats Hummels, pascapertandingan kontra Stuttgart.

Baca juga: Klasemen Bundesliga - Dortmund Tergeser Usai Kalah 1-5, Leipzig Tempel Bayern

"Kami selalu mencoba memainkan bola-bola pendek dalam ruang yang sempit dan itu membuat kami sering kehilangan bola," ujar Hummles

"Jika kami sukses melakukannya, bagus. Namun, itu sangat jarang terjadi," tambahnya.

Sementara itu, kekalahan memalukan Borussia Dortmund dari Stuttgart membuat Marco Reus cs kini terlempar ke posisi kelima klasemen Bundesliga dengan 19 poin dari 11 pertandingan.



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X