Kompas.com - 08/12/2020, 11:20 WIB
Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar. (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA) KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAGelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar. (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA)

BANDUNG, KOMPAS.com - Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar, baru saja merampungkan kursus kepelatihan lisensi pelatih C AFC.

Pemain yang akrab disapa Dado itu mengungkapkan, banyak ilmu dan pengalaman berharga yang didapatkan setelah menjalani kursus kepelatihan.

Dado mengakui, menjadi pelatih sepak bola tidaklah mudah. Selain harus memiliki pengetahuan yang kaya mengenai taktik dan strategi permainan, seorang pelatih juga harus mempunyai teknik komunikasi yang baik. 

Melalui komunikasi yang baik, pelatih bisa memotivasi pemain agar meningkatkan level permainannya, lebih krusial lagi menjaga ruang ganti tim tetap kondusif.

Lebih lanjut, mantan pemain Pelita Jaya itu mengatakan, kursus kepelatihan yang baru dijalaninya juga memberikan manfaat untuk menunjang permainannya di lapangan.

Setidaknya, Dado bisa lebih memahami taktik dan strategi yang ingin diterapkan pelatih dalam permainan.

Baca juga: Berstatus Pemuncak Klasemen Liga 1 2020, Persib Berharap Tampil di Piala AFC 2021

"Alhamdulillah nambah banyak ilmu dan pengalaman. Jadi lebih tahu kalau tugas pelatih itu berat. Selain itu juga menambah wawasan saya dalam sepak bola. Dapat banyak ilmu organisasi latihan jadi lebih disiplin lagi," kata Dado saat dihubungi wartawan, Senin (7/12/2020).

Meski sudah mengikuti kursus kepelatihan, Dado mengakui bahwa dirinya belum berencana untuk mendalami dunia kepelatihan. Pemain berusia 29 tahun itu masih ingin fokus berkarier sebagai pesepak bola.

Akan tetapi, Dada tidak menampik, lisensi kepelatihan yang sudah dikantonginya menjadi modal masa depan.

Setidaknya, Dado sudah memiliki rencana untuk melanjutkan karier sebagai pelatih ketika sudah gantung sepatu.

Baca juga: Pelatih Persib Berharap Cedera Tak Menghalangi Mimpi Beckham Tampil di Piala Dunia U-20

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X