Wejangan bagi Para "Pengemban Mimpi" di Timnas U19 Indonesia

Kompas.com - 08/12/2020, 09:40 WIB
Mantan pemain Timnas Indonesia, Ahmad Bustomi saat menjadi juri Youth Fun Juggling Competition yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama PSSI untuk menyemarakan ajang Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan pada tahun 2021 di Hotel Ijen Suites Malang, Jawa Timur, Minggu (06/12/2020) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUMantan pemain Timnas Indonesia, Ahmad Bustomi saat menjadi juri Youth Fun Juggling Competition yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama PSSI untuk menyemarakan ajang Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan pada tahun 2021 di Hotel Ijen Suites Malang, Jawa Timur, Minggu (06/12/2020) sore.

MALANG, KOMPAS.com - Mantan pemain timnas Indonesia, Ahmad Bustomi, menitipkan pesan kepada pemain-pemain timnas U19 yang tengah dipersiapkan untuk Piala Dunia U20 2021.

Dia berharap para pemain bisa sungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri.

Tak hanya soal membawa harga diri bangsa, mereka adalah pemain-pemain pilihan yang akan membawa wajah sepak bola Indonesia di kompetisi level dunia.

Hal itu adalah mimpi semua pesepak bola di Indonesia baik tua, muda, maupun akademi.

Baca juga: Pesan bagi Pemain Timnas U19 Indisipliner: Kalian Pilihan, Manfaatkan Kesempatan!

"Untuk adik-adik, untuk sampai di timnas itu tidak gampang. Kalian mewakili ratusan dan ribuan pemain lain di Indonesia," kata pemain yang pernah membawa Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2010 silam.

"Ketika sudah berada di situ (timnas), kalian harus benar benar maksimal dalam latihan dan harus benar-benar disiplin," ujarnya.

Tidak hanya sekadar pemain pilihan, para pemain yang berada di timnas U19 ini disebut Ahmad Bustomi sebagai pemain yang sangat beruntung.

Pelatih sekaligus manajer timnas Indonesia, Shin Tae-yong (jaket hitam bertopi), memberikan penjelasan kepada skuad timnas U19 Indonesia di Kroasia.Dok. PSSI Pelatih sekaligus manajer timnas Indonesia, Shin Tae-yong (jaket hitam bertopi), memberikan penjelasan kepada skuad timnas U19 Indonesia di Kroasia.

Sebab, tidak semua pemain Indonesia bisa mendapatkan kesempatan istimewa mewakili Tim Garuda berkompetisi di level dunia.

Bahkan, mungkin mereka bakal menjadi satu-satunya grup timnas bisa tampil di turnamen usia muda paling bergengsi sejagat tersebut.

Sebab, tidak ada jaminan satu, dua, tiga dekade mendatang Indonesia bakal mendapatkan kesempatan serupa.

Baca juga: Kapan Timnas U19 Indonesia ke Spanyol? Ini Jawaban Indra Sjafri

"Bagi adik-adik yang di timnas, saya harap kalian kerja keras, disiplin, manfaatkan kesempatan ini karena kesempatan ini tidak mudah, mungkin tidak akan terulang lagi Indonesia dapat kesempatan ikut di Piala Dunia U20," tutur pemain Persela Lamongan itu.

Karena itu, dia berharap para pemain timnas U19 ini tidak main-main.

Mereka tidak hanya sekadar mewakili Indonesia, tetapi juga mengemban impian seluruh pesepak bola di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X