Kompas.com - 04/12/2020, 12:28 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 19 tahun yang lalu, tepatnya 4 Desember 1991, timnas Indonesia sukses meraih medali emas sepak bola SEA Games yang berlangsung di Manila, Filipina.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke final SEA Games 1991 seusai menjadi juara Grup B dan mengalahkan Singapura pada semifinal.

Pada partai puncak yang dihelat di Stadion Rizal Memorial, Indonesia dihadapkan dengan Thailand.

Thailad saat itu sedikit lebih diunggulkan daripada Indonesia karena lolos ke final setelah mempermalukan tuan rumah Filipina 6-2.

Di sisi lain, Indonesia dikhawatirkan kehabisan stamina. Sebab, Indonesia harus berjuang sampai babak adu penalti ketika mengalahkan Singapura 4-2 pada laga semifinal.

Kekhawatiran publik Tanah Air terhadap stamina Robby Darwis dkk pada akhirnya tidak terwujud.

Baca juga: Ricky Yacobi Meninggal Dunia, Ini Perjalanan Karier Sang Legenda di Timnas Indonesia

Timnas Indonesia yang kala itu ditangani oleh pelatih asal Rusia, Anatoli Polosin, tampil disiplin hingga babak perpanjangan waktu.

Widodo CP beraksi bagi TImnas Indonesia kontra Singapura di ajang semifinal SEA Games 1991.DOK TABLOID BOLA Widodo CP beraksi bagi TImnas Indonesia kontra Singapura di ajang semifinal SEA Games 1991.

Pemenang laga Indonesia vs Thailand pada akhirnya harus ditentukan melalui adu penalti karena kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

Berbeda dari saat menghadapi Singapura, adu penalti melawan Thailand dilalui timnas Indonesia dengan penuh ketegangan dan drama.

Setelah kedua tim melakukan tiga tendangan penalti, Thailand berhasil unggul 3-2.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.