Ini Besaran Dana Bantuan untuk Tiga Divisi Liga Inggris

Kompas.com - 20/11/2020, 21:09 WIB
Juninho Bacuna dan Fernandinho berebutan bola pada pertandingan Huddersfield Town vs Manchester City di Stadion John Smiths dalam lanjutan Liga Inggris, 20 Januari 2019. AFP/PAUL ELLISJuninho Bacuna dan Fernandinho berebutan bola pada pertandingan Huddersfield Town vs Manchester City di Stadion John Smiths dalam lanjutan Liga Inggris, 20 Januari 2019.

LONDON, KOMPAS.com - Secara keseluruhan, tiga divisi Liga Inggris mendapat dana bantuan sebesar 28 juta poundsterling atau sekitar Rp 526,4 miliar.

Menteri Olahraga Inggris Nigel Huddleston mengatakan dari seluruh divisi Liga Inggris, hanya tiga yang mendapat dana bantuan dari pemerintah.

Ketiga divisi itu adalah Lima dan Enam, serta Liga Sepak Bola Wanita.

Baca juga: All England Terselamatkan Dana Bantuan Olahraga

Dua divisi yakni Lima dan Enam berisikan klub-klub semiprofesional.

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen, berhasil menjadi juara All England Open 2020.AFP/OLI SCARFF Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen, berhasil menjadi juara All England Open 2020.

Itu berarti klub-klub itu berisikan pemain profesional maupun amatir.

Sementara, Liga Inggris dari Liga Primer hingga Divisi Empat tidak mendapat bantuan dana "Paket Musim Dingin" dari pemerintah Inggris.

"Sepak bola bisa membiayai dirinya sendiri," kata Nigel Huddleston, kemarin, tatkala mengumumkan pemberian dana bantuan tersebut.

Baca juga: Hanya 3 Divisi Liga Inggris Ini Dapat Dana Bantuan

Huddleston mengatakan, Liga Primer memiliki sumber pendapatan besar berupa uang kontrak hak siar.

"Selain itu, ada juga pendapatan dari sponsor," ujar Huddleston.

Pemain tengah Arsenal kelahiran Pantai Gading Nicolas Pepe (kanan ke-3) merayakan gol ketiga timnya dengan striker Inggris Arsenal Bukayo Saka (2md R) selama pertandingan sepak bola Grup B Liga Eropa UEFA antara Arsenal dan Molde di Emirates Stadium di London pada 5 November , 2020.AFP/GLYN KIRK Pemain tengah Arsenal kelahiran Pantai Gading Nicolas Pepe (kanan ke-3) merayakan gol ketiga timnya dengan striker Inggris Arsenal Bukayo Saka (2md R) selama pertandingan sepak bola Grup B Liga Eropa UEFA antara Arsenal dan Molde di Emirates Stadium di London pada 5 November , 2020.

Total dana bantuan untuk sedikitnya 11 kecabangan olahraga mencapai sekitar 300 juta poundsterling atau Rp 5,6 triliun.

Dana bantuan berbentuk pinjaman berbunga ringan hingga hibah itu dibedakan untuk olahraga dengan cakupan hanya Inggris dan dana alokasi untuk wilayah-wilayah di Britania Raya.

Porsi terbesar dana bantuan diberikan kepada olahraga rugby sebesar Rp 2,5 triliun.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X