Kerja Sama Jersey dengan Puma, PSV Eindhoven Dapat Duit Segini

Kompas.com - 16/11/2020, 10:36 WIB
Daniel Schwaab mencoba menyundul bola tetapi ditahan Sergio Busquets pada laga PSV Eindhoven vs Barcelona di Stadion Philips dalam lanjutan Liga Champions, 28 November 2018. AFP/JOHN THYSDaniel Schwaab mencoba menyundul bola tetapi ditahan Sergio Busquets pada laga PSV Eindhoven vs Barcelona di Stadion Philips dalam lanjutan Liga Champions, 28 November 2018.

EINDHOVEN, KOMPAS.com - Klub Liga Belanda Eredivisie PSV Eindhoven bekerja sama dengan perusahaan perlengkapan olahraga asal Jerman, Puma mulai musim 2020-2021.

Laporan menunjukkan, pendapatan PSV Eindhoven dalam kerja sama jersey itu ada di kisaran 47,2 juta dollar AS hingga 59,1 juta dollar AS atau sekitar Rp 660,8 miliar hingga Rp 827,4 miliar selama lima tahun.

Sebelumnya, PSV Eindhoven meneken kembali kerja sama dengan merek perlengkapan elektronik, Philips.

Baca juga: Eredivisie, Panjangnya Kerja Sama PSV Eindhoven dan Philips

Kerja sama berumur 10 tahun ke depan ini masuk dalam salah satu kerja sama panjang di dunia olahraga.

Lampu Philips HuePhilips Lampu Philips Hue

PSV awalnya memang klub sepak bola bikinan para karyawan Philips pada 1913.

Kerja sama terkini yang bakal usai pada 2031 ini menorehkan 118 tahun hubungan antara kedua pihak.

Kerja sama ini membuat kandang PSV Eindhoven terpateri dengan nama Stadion Philips.

Kedua pihak juga menjalankan kerja sama bertajuk Brainport Eindhoven Partner Fund hingga 2026.

Filipe Luis dan Marco van Ginkel berebut bola saat PSV Eindhoven menjamu Atletico Madrid di Stadion Philips, Rabu (24/2/2016). JOHN THYS/AFP Filipe Luis dan Marco van Ginkel berebut bola saat PSV Eindhoven menjamu Atletico Madrid di Stadion Philips, Rabu (24/2/2016).

Kerja sama sosial ini melibatkan juga perusahaan-perusahaan terkemuka di Belanda antara lain ASML, supermarket Jumbo, High Tech Campus Eindhoven, Grup VDL.

"Tujuan kerja sama adalah bersama-sama meningkatkan kesejahteraan para penduduk di wilayah Brainport," kata pernyataan Philips.

Pada kerja sama sebelumnya untuk periode 2015-2025, PSV Eindhoven membukukan pendapatan hingga 26,5 juta dollar atau sekitar Rp 371 miliar.

Di dalam kontrak kerja sama di atas, PSV Eindhoven memperoleh dana tahunan hingga 3,5 juta dollar AS atau Rp 49 miliar sampai dengan 2020.

Setelah itu, PSV akan mendapatkan dana tahunan sekitar 1,7 juta dollar AS atau setara dengan Rp 23,8 miliar untuk lima tahun berikutnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X