Melwood, Ikon Liverpool setelah "Ruang Sepatu" di Anfield

Kompas.com - 11/11/2020, 20:20 WIB
Manajer Liverpool, Juergen Klopp, memimpin sesi latihan pasukannya di Melwood. DOKUMEN MIRRORManajer Liverpool, Juergen Klopp, memimpin sesi latihan pasukannya di Melwood.

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Pusat latihan di Melwood akan menjadi ikon Liverpool setelah "Ruang Sepatu" atau Boot Room di Stadion Anfield.

Di masa sekitar 1950-an, "Ruang Sepatu" menjadi tempat bagi manajemen pelatih Liverpool untuk merancang strategi pertandingan.

Baca juga: Liverpool, Selamat Tinggal Melwood Selamat Datang Kirkby

Ruang itu dirancang oleh manajer tersukses Liverpool, Bill Shankly.

Situasi pusat latihan Liverpool yang berada di Melwood pada saat lockdown akibat pandemi Covid-19.AFP/GETTY IMAGES/CHRISTOPHER FURLONG Situasi pusat latihan Liverpool yang berada di Melwood pada saat lockdown akibat pandemi Covid-19.

Shankly memang mengubah ruang tempat penyimpanan sepatu pemain menjadi ruang rapat kecil.

Melwood, kompleks bangunan yang berusia lebih dari 70 tahun itu akan ditinggalkan seluruh penggawa Liverpool mulai pekan depan.

Baca juga: Melwood, Pusat Latihan Liverpool yang Bakal Jadi Perumahan

Liverpool memang sudah memiliki pusat latihan baru di Kirkby, agak di luar kota.

Pusat latihan baru itu bernama AXA Training Centre.

Tempat latihan Liverpool FC di Melwood.KOMPAS.COM/ALOYSIUS GONSAGA ANGI EBO Tempat latihan Liverpool FC di Melwood.

"Melwood adalah tempat latihan sejak lebih dari 70 tahun," kata pelatih Liverpool, Juergen Klopp dalam sambutan perpisahan itu.

Klopp menulis semacam curahan hati alias curhat di media sosial Liverpool.

"Rasanya campur aduk, sungguh campur aduk. Saya senang karena akan pindah ke Kirkby tetapi juga sedih karena akan meninggalkan Melwood, jujur," tulis Klopp.

Steven Gerrard memeluk Jamie Carragher, mantan wakil kapten Liverpool yang kini menjadi komentator Sky Sports, usai laga kontra Crystal Palace, Sabtu (16/5/2015).Dok. LFC Steven Gerrard memeluk Jamie Carragher, mantan wakil kapten Liverpool yang kini menjadi komentator Sky Sports, usai laga kontra Crystal Palace, Sabtu (16/5/2015).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X