Otavio Dutra Ambil Kursus Kepelatihan di Tengah Hampa Kompetisi

Kompas.com - 02/11/2020, 19:30 WIB
Pemain naturalisasi Persija Jakarta untuk musim 2020, Otavio Dutra. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain naturalisasi Persija Jakarta untuk musim 2020, Otavio Dutra.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bek senior Persija Jakarta, Otavio Dutra, berencana mengambil kursus kepelatihan Lisensi C untuk mengisi waktu di tengah pandemi dan kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 yang masih belum jelas.

“Saya mau memanfaatkan waktu kosong untuk mulai ikut kursus. Ini momentum bagus,” kata pemain berusia 37 tahun tersebut kepada Kompas.com.

Otavio Dutra tidak memberikan tanda-tanda akan pensiun dalam waktu dekat. Meski usianya terbilang matang, dia masih jauh dari kata habis.

Bahkan, bek naturalisasi Brasil itu menjadi salah satu pemain dengan kondisi tubuh terbaik di tes fisik Persija Jakarta.

Baca juga: Komentar Pemain Persija Usai Diberi Shin Tae-yong Peran Anyar di Timnas U19 Indonesia

Ia mengatakan keputusan mengambil kursus tersebut adalah bagian rencananya dalam menyusun masa depan.

Baginya, belajar menjadi pelatih tidak harus pensiun terlebih dahulu.

Apalagi, saat ini sudah menjadi hal lumrah bagi pesepak bola senior untuk mengambil kursus kepelatihan.

Sebenarnya, dia sudah lama ingin mengambil kursus. Namun, waktunya selalu tidak sempat karena kesibukkan kompetisi.

Kemunduran Liga 1 2020 ini menjadi hikmah Otavio Dutra untuk merealisasikan rencana jangka panjangnya.

“Ya, biasa seperti itu, kami pemain tidak memiliki waktu. Sekarang saya manfaatkan waktu ini untuk ikut kursus Lisensi C,” tutur pemain kelahiran Fortaleza pada 22 November 1983 tersebut.

Baca juga: Panasi Mesin Jelang Lanjutan Liga 1 2020, Persija Jajal Kekuatan Tira Persikabo

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X